Gelar Festival Seni Multatuli, Cara Kreatif Kabupaten Lebak Kenalkan Sejarah

festival seni multatuli
festival seni multatuli (@facebok FSM)

“InsyaAllah, Festval Seni Multatuli sangat menarik, ada  teater, seni melukis, mematung serta pertunjukan-pertunjukan lainnya dan yang paling menarik ada festival karnaval Kerbau” Iti Octavia Jaya Baya

Lebak, BantenTribun.id- Kabupaten Lebak nampaknya punya cara kreatif untuk mengenalkan sejarah daerahnya sekaligus menggoda minat wisatawan untuk datang ke wilayah yang kental dengan perjuangan menentang kolonialisme itu.

Edward Douwes Dekker atau di kenal dengan nama pena Multatuli merupakan bagian penting dari sejarah Kabupaten Lebak, Penulis Belanda itu adalah aktor dibalik terbitnya Novel Max Havelaar yang mengungkap dengan gamblang tentang nasib buruk rakyat yang dijajah dan sistem tanam paksa yang menyiksa di Lebak.

Buku dengan judul Max Havelaar of de koffij-veilingen der Nederlansche Handel Maatschappij atau Max Havelaar lelang Kopi Perusahaan Dagang Belanda itu menjadi karya sastra yang diakui di Belanda dan Indonesia, karena penulisnya merupakan pelopor tulisan gaya baru.

Sadar dengan hal itu Pemerintah Lebak dan unsur di dalamnya bakal menggelar Festival Seni Multatuli yang bisa dianggap sebagai cara baru nan kreatif untuk mengenalkan sejarah sekaligus mengundang wisatawan datang ke Lebak. Festival itu rencananya bakal digelar mulai Kamis-Minggu (6-9/9/2018).

Dilansir dari laman facebook Festival Seni Multatuli (FSM), acara tersebut merupakan rangkaian acara seni dan budaya yang dipersembahkan oleh Museum Multatuli dan bekerjasama dengan Indonesiana sebagai media platform kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ragam acara yang bakal digelar dalam festival seni itu. Mulai dari Launching dan Bedah Buku Antologi Puisi Multatuli, Diskusi Seni Rupa, Festival Kesenian Tradisi, Teater, Karnaval Kerbau dan Meluksi On The Spot 20 Perupa Banten hingga Workshop Kreatif dan ragam acara lainnya.

Acara Festival Seni Multatuli juga melibatkan pelaku seni dari berbagai wilayah di Provinsi Banten bahkan nasional dan didukung oleh perusahaan-perusahaan nasional seperti Marthaa Tilaar.

Lewat Festival Seni Multatuli, diharapkan masyarakat dapat belajar mengenai arti dan makna kemerdekaan, harmoni, kesederajatan dan kemanusiaan serta menjadi inspirasi bagi Indonesia dan Dunia.

“InsyaAllah, kegiatan ini sangat menarik, ada  teater, seni melukis, mematung serta pertunjukan-pertunjukan lainnya dan yang paling menarik ada festival karnaval Kerbau.” Ungkap Iti Octavia Jayabaya, seperti dikutip dari akun instagram @viajayabaya.*red

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.