Formasi CPNS ini, Banyak Dibutuhkan Pemerintah

formasi cpns
Ilustrasi Formasi CPNS. Foto: Istimewa

Pemerintah masih memerlukan formasi CPNS untuk jabatan tertentu yang mendukung prioritas pembangunan. Namun untuk jabatan administrasi nampaknya akan berkurang

BantenTribun.id- Pemerintah saat ini masih butuh PNS untuk beberapa formasi. Bukan mustahil bila dalam beberapa waktu yang akan, seleksi CPNS bakal kembali di gelar.

Kebutuhan dan formasi CPNS yang akan direkrut harus benar-benar dipertimbangkan. Kehadiran mereka diharapkan menjadi aset baru yang mampu mendorong kinerja organisasi baik untuk CPNS di Organsiasi Pemerintah Daerah (OPD) maupun di Kementerian atau Lembaga.

Menurut Bima Haria Wibisana, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pemerintah saat ini perlu menyusun rencana strategis akan kebutuhan PNS untuk lima tahun mendatang.

Hal itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang Manajemen PNS.

Bima mengaku, spirit kebutuhan PNS harus didasarkan pada empat hal, pertama, PNS baru harus mendukung pencapaian tujuan instansi pemerintah. Kedua, sejalan dengan prioritas pembangunan nasional. Ketiga, mendukung pembangunan infrastruktur atau potensi daerah masing-maisng dan keempat harus mendukung Rencana Strategis organisasi.

Melihat spirit itu, maka formasi CPNS untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan masih banyak dibutuhkan pemerintah. Sebab saat ini prioritas pemerintah masih pada pemenuhan kebutuhan akan pelayanan dasar masyarakat. Pendidikan dan Kesehatan masuk dalam kategori itu.

Kepala BKN juga mengaku bila tenaga itu (Guru dan Tenaga kesehatan) masih banyak dibutuhkan pemerintah.

pada saat ini masih diprioritaskan untuk pelayanan dasar, yakni untuk pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan dan program pemerintah yang tertuan dalam Nawa Cita.” ungkap Bima dalam keterangn resminya, Kamis (12/4).

Selanjutnya, pemerintah kemungkinan tidak terlalu membutuhkan formasi CPNS untuk jabatan administrasi. Sementara Jabatan fungsional mungkin sebaliknya.

Pembangunan Infrastruktur misalnya, program yang tengah gencar di gelar pemerintah itu memerlukan formasi CPNS untuk jabatan fungsional bidang penataan ruang, jalan, jembatan, jaringan dan lain sebagainya.

Lalu bila merujuk pada poin keempat, ‘formasi CPNS harus mempertimbangkan potensi daerah masing-maisng.’ Maka bagi daerah yang menyatakan diri memiliki potensi di sektor pertanian, bukan tidak mungkin formasi CPNS untuk tenaga fungsional penyuluh pertanian masih banyak dibutuhkan. (AJi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.