Siapkan Financial Condition Pasca Pandemi

Financial Condition, sesuatu yang perlu disiapkan. Agar keuangan kita tetap bisa terjaga dengan baik. Keuangan yang sehat setidaknya membuat tekanan hidup jadi berkurang.

financial condition
financial condition

BantenTribun.id- Belum bisa dipastikan kapan pandemi berakhir, tapi kehadiran Vaksin memberi harapan baru. Masyarakat akan lebih tahan dengan serangan virus, karena imun mereka makin kebal.

Namun sebagai manusia, kita punya kekuatan berupa harapan dan doa, maka berdoa dan berharaplah bila pandemi akan berakhir.

Sebagai seorang beragama kita juga wajib optimis bila semua persoalan pasti ada solusinya. Termasuk bagaimana keluar dari pandemi, setelah nyaris satu tahun yang melelahkan, baik mental maupun fisik.

Berikutnya kita juga harus menatap kedepan, tentang apa yang akan kita lakukan pasca pandemi? termasuk financial condition kita.

 

Financial Condition di masa pandemi

Bisa jadi ditengah krisis corona, sebagian dari kita berada pada financial condition yang buruk,  tidak memiliki penghasilan tetap, dan kehilangan pekerjaan.

Ada yang lebih beruntung dengan tetap bekerja, tapi harus mengalami penurunan upah, misal karena dirumahkan atau waktu bekerja berkurang.

Bagi para ASN, rasionalisasi dan realokasi anggaran untuk Covid-19 membuat anggaran kegiatan berkurang bahkan hilang.  Alhasil ASN tak punya penghasilan tambahan,  tak ada lagi honor dan biaya perjalanan dnas.

Pelaku UMKM juga demikian, jumlah pengguna jasa atau pembeli produk berkurang. Masyarakat memilih untuk menghemat dan menggunakan dana yang ada untuk yang lebih prioritas.

Pendapatan pun berkurang, Alhamdulillah masih cukup untuk makan, karena sebagian lagi tidak. Tenaga kerja di bidang UMKM juga tidak lagi bekerja, begitu juga disektor-sektor lainnya. Intinya income menurun jikat idak dibilang anjlok.

Pemerintah harus diakui telah berupaya menjaga konsumsi masyarakat dengan berbagai bantuan, mulai dari BLT, Subsidi gaji, Bantuan UMKM dan sebagainya, intinya menjaga ekonomi agar tidak jatuh terlalu curam.

 

Apa Yang Harus Dipersiapkan Pasca Pandemi

Badai pasti berlalu, hujan pun ada redanya, begitu setidaknya hukum alam akan sesuatu. Pandemi pun suatu saat akan berakhir, dan virus corona mungkin akan menjadi virus biasa. Setidaknya itu harapan sekian miliar orang di dunia teramasuk di Indonesia.

Lalu bagaimana menyiapkan financial Condition kita agar pulih kembali pasca pandemi? berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama cek kondisi keuangan terakhir, termasuk diakhir tahun ini. Bagaimana rasio keuangannya apakah memungkinkan untuk melakukan investasi dan merealisasikan tujuan-tujuan jangka pendek, jika memungkinkan.

Momen pandemi adalah momen untuk belajar, maka siapkan diri untuk menyambut kehidupan pasca pandemi. Sehingga ketika ekonomi pulih kembali kita bisa berkompetisi lebih baik.

Tantangan bisnis atau pekerjaan pasca pandemi mungkin berubah, karena sebagian kebiasaan ditengah pandemi akan tetap terjadi meski pandemi berakhir.

Digitalisasi misalnya.Bisnis menggunakan teknologi digital sebagai medianya tak bisa dihindari. Berbagai jenis pekerjaan teknis adminsitrasi juga akan mengguakan teknologi. Jadi jika ingin meraih sumber income baru, ada baiknya menguasai salahsatu bidang IT.

Kedua, mulai berdisiplin dalam mengelola keuangan. Pandemi sadar atau tidak telah mengajarkan banyak orang tentang prioritas, menentukan mana yang harus dibeli atau tidak.

Pasca pandemi disiplin mengelola keuangan harus terus dipertahankan. Jika memungkinkan pikirkan untuk dana perlindungan dan investasi masa depan. Misal investasi untuk memperluas dan mengembangkan usaha.

Ketiga, tetap adaptif dengan perubahan. Ini penting, saat ini dan pasca pandemi nanti berbagai perubahan akan berlangsung dengan cepat, dan tak bisa dibendung.

Oleh karena itu menjadi pribadi yang adaptif terhadap perubahan sangat diperlukan. Sehingga financial condition bisa tetap terjaga dengan baik.* (Kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.