Festival Buah Lokal Pandeglang Digelar Minggu Besok

festival buah lokal
Pekerja nampak sedang menyelesaikan pembuatan gapura bambu untuk festival durian pandeglang, minggu (4/2) besok (foto-BantenTribun)

Festival buah lokal Pandeglang akan digelar besok, Minggu(4/2/2018) di Alun-alun Pandeglang. Festival  ini   digagas Dinas Pertanian (Distan ) Kabupaten Pandeglang  dengan mengusung tema “Cintai buah lokal Pandeglang,”  Festival buah durian akan jadi primadona. Durian si Ketan, si Hijau dan si Wajit, bakal menggoda selera anda.

Pandeglang, BantenTribun.id – Festival buah lokal khas Kabupaten Pandeglang digelar minggu besok(4/2/2018) di Alun-alun Pandeglang, Provinsi Banten. Festifal ini baru digelar kembali  setelah lama vakum dan terakhir diselenggarakan tahun 2010 lalu.

Khusus  penggila “si buah berduri tajam nan legit” alias  durian  lokal , pengunjung  juga bisa berburu durian atau buah lokal lainnya dalam festifal buah lokal tersebut.

Festival buah lokal  yang disandingkan dengan  kegiatan lain itu  sengaja  digelar di kawasan Alun-alun Pandeglang.  Lokasi ini dipilih  karena strategis di tengah kota. Acara ini dijadwalkan akan dibuka Bupati Pandeglang, Irna Narulita, mulai pukul 8 Wib.

“Khusus festival durian, peserta harus petani lokal pandeglang, karena pemenang katagori ini, selain mendapatkan hadiah uang dan trophy, juga  peserta yang masuk  juara akan dikembangkan menjadi  komoditas durian lokal unggulan,” kata Budi S Januardi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang,  kepada BantenTribun, Sabtu( 3/2).

Menurut Budi, Festival ini, selain untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Pandeglang terhadap buah lokal,  juga sebagai upaya pemerintah daerah membantu petani buah lokal dalam mempromosikan hasil pertaniannya.

Muchtar, Kepala Seksie Produksi  Tanaman hortikultura Buah dan Biofarmata, Distan Pandeglang, mengatakan  hingga saat ini sudah 26 petani durian yang sudah mendaftar ikut serta festival durian  minggu besok

Disediakan hadiah uang bagi pemenang pertama hingga ketiga, serta pemenang harapan dalam  festival durian ini.

“Jumlah peserta yang pasti ikut untuk festival durian ada 26 petani, dari 12 kecamatan atau daerah yang dikenal sebagai kantung penghasil durian. Untuk juara pertama , peserta akan mendapat hadiah uang sebesar 3 juta, 2,5  juta untuk juara 2  dan juara 3 sebesar 2 juta, ” terang Muchtar, kepada  BantenTribun di lokasi festival,  Sabtu( 3/2).

Durian Pandeglang  masih kata Muchtar, sebenarnya  sudah dikenal luas. Namun pemerintah daerah ingin terus membantu petani promosi dan pemasaran agar semakin dikenal.  Diharapkan juga bisa menjadi ajang  mencari bibit unggul durian lokal yang bisa menasional.  Itu tugasnya pemerintah daerah .

Untuk dewan juri, Prof Reza dari Kementan RI akan tampil, selain dari asosiasi buah Prov Banten, Distan, BPTP serta dari Distan Pandeglang.

“ Tiga kriteria utama yang jadi penilaian buah durian. Selain  rasa dan aroma, ketebalan buah, dan teksturenya, menjadi faktor terpenting dalam penentuan juara festival durian ini,” jelas Muchtar.

Jadi jika anda penggila  buah durian? Siap-siap saja datang ke Fertival Durian Pandeglang di Alun-alun.  Durian Si Ketan, Si hijau, si Wajit, siap menggoda lidah  anda.( Adv/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.