Fakta Menarik yang Membuat Ustadz Abdul Somad Dikagumi Artis hingga Wapres JK

Ustadz Abdul Somad @ tarbiyah.net
Ustadz Abdul Somad @ tarbiyah.net

Ustadz kelahiran Pekanbaru, Riau, 18 Mei 1977, ini bernama lengkap Abdul Somad, Lc. MA.  Ustadz Abdul Somad dan Adi Hidayat,  termasuk dai yang populer saat ini, khususnya pengguna aktif  media sosial. Lalu apa saja yang membuat Ustadz ini dikagumi dari artis hingga Wapres JK? Berikut fakta menarik yang terekam.

BantenTribun.id– Ustadz Abdul Somad adalah salah satu dai atau mubalig Tanah Air yang tengah populer saat ini, khususnya di media sosial. Ustadz Abdul Somad adalah tokoh lokal dari Riau yang menjadi terkenal se-Indonesia karena banyak video ceramahnya yang viral.

Ia  lulusan  S2 di bidang agama, lulusan Al Azhar Kairo dan S2 di Maroko.  Ada yang menganggap ustadz Somad merupakan  “hasil kawin silang” antara ustadz lucu dan ustadz berkualitas. Selama ini kedua jenis ustadz tersebut seperti air dan minyak. Tak mungkin bersatu.

Ustadz Abdul Somad berhasil mengawinkan keduanya. Ceramahnya  selain “bergizi tinggi”, juga enak didengar, dan porsi lucunya pun sewajarnya saja. Tidak berlebihan.

Gayanya sangat sederhana, juga bukan tipe ustadz kharismatik atau atau ustadz stereotif(maksudnya kelihatan banget gayanya seperti ustadz pada umumnya). Gaya beliau biasa saja. Seperti orang kebanyakan.

Sebagai juru dakwah, ustadz Somad sering menjadi perbincangan netizen dan pegiat media sosial.Kajian-kajiannya tajam dan menarik sehingga membuat banyak orang suka dengan ceramahnya. Salah satu yang takjub usai melihat langsung Ustadz Abdul Somad berceramah adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dilansir dari laman Serambi Aceh, baru-baru ini JK dan Abdul Somad bertemu di masjid Sunda Kelapa.Di kesempatan itu, dia senang dapat bertemu dengan Ustadz Somad.

Selama ini, JK mengaku hanya menyaksikan ceramah-ceramah dari tokoh agama itu melalui Youtube.

“Alhamdulillah dengan kehadiran Ustadz Somad tentu memberikan pencerahan kalau selama ini mungkin lebih banyak nonton di youtube, sekarang bisa langsung, saya juga, jadi Alhamdulillah mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Sementara itu, Ustadz Somad juga menyampaikan ceramah. Melihat JK, dia merasa sudah lama mengenal. Selain JK sejumlah artis mengaku terang-terangan mengangumi ustadz satu ini. Sebut saja Syahrini, Arie Untung hingga pesulap Limbad dan Cinta Penelope.

Berikut sejumlah fakta yang diperhatikan publik soal Ustadz Somad:

  1. Sederhana

Ustadz Somad sangat sederhana, baik dari pakaian maupun tingkah lakunya. Saat tiba di rumah dinas Gubernur Babel, Ustadz Somad didampingi 3 asistennya.

Tidak ada permintaan khusus dari pihak Ustadz Somad, baik soal makanan, tempat tidur, dan kendaraan.Bahkan Ustadz Somad menjadi makmum saat shalat Maghrib di rumah dinas tersebut.Dia juga makan malam dengan duduk bersama jamaah.

  1. Ramah

Saat diajak berbincang-bincang, Ustadz Somad menyambut hangat.Padahal, dia baru saja turun dari pesawat usai perjalanan panjang dari berceramah.

Ustadz Somad tetap ramah dan bersahaja.Bahkan dia mengapresiasi profesi jurnalis, yang menurutnya ikut andil sehingga namanya dikenal.

  1. Tak menolak diajak foto bersama

Menjadi seorang Ustadz Somad memang tak mudah.Pasalnya, di mana saja dia berada, tak pernah lepas dari ajakan foto bersama.Peminatnya pun hanya warga biasa, tetapi para pejabat di tempat dia berceramah juga kerap mengajak foto bersama.

Tampak ketika Ustadz Somad usai makan malam di rumah dinas gubernur, silih berganti orang-orang minta berfoto.Bahkan saat sang ustadz tengah makan pun ada-ada saja warga yang duduk di sampingnya untuk dipotret.

  1. Tampil prima

Bayangkan saja, Ustadz Somad harus berkeliling berbagai tempat di Indonesia nyaris tanpa jeda.Padahal dia melakukannya di sela kesibukan sebagai dosen di UIN Riau.Di suatu tempat yang dikunjungi, Ustadz Somad berceramah lebih dari satu lokasi.

Saat ke Bangka tempo hari, dia berceramah di 4 lokasi.Bahkan dia berceramah sampai larut malam tetapi dini hari sekitar pukul 03.00, Ustadz Somad sudah berangkat menuju lokasi ceramah usai shalat Subuh. Syukurnya, kondisi tubuh Ustadz Somad baik-baik saja.

  1. Isi ceramah 

Salah satu alasan Ustadz Somad disukai banyak orang adalah isi ceramahnya yang cerdas tapi tidak membuat ribet.Ustadz Somad tidak mudah menyalahkan atau menilai buruk sesuatu, termasuk soal ibadah yang dilakukan umat muslim.Dia juga tidak pernah mengajarkan untuk membenci kelompok atau ajaran tertentu.

Misalnya saat ditanyakan tentang aplikasi biro jodoh di Facebook, Ustadz Somad tidak serta merta menyalahkan karena menurutnya perlu ditinjau dulu dari sisi teknis pelaksanaannya.

  1. Direkam dan diunggah di media sosial

Rata-rata jamaah membekali diri dengan ponsel saat mendengar ceramah Ustadz Somad. Bagi yang paket internetnya banyak, tak sungkan merekam dan menyiarkan secara langsung.Lantaran perilaku jamaah inilah, Ustadz Somad semakin dikenal.

Jika dari ribuan jamaah ada 100 orang saja yang merekam dan mengunggah ke media sosial, maka syiar Islam yang dilakukan Ustadz Somad semakin lancar.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.