Dua Siswa SMKN 1 Kota Serang Ikuti LKS Nasional, Bidik World Skill International

 

Kika: Guru Kuliner Lina, Guru Tata Boga Nur Asnaini, Asisten Chef Ine Saputri, Kepsek Maksudi Zen, Chef Yowen dan Ketua Program Keahlian Tata Boga Siti Fatonah (foto Nur/BantenTribun)

Dua siswa SMKN 1 Kota Serang mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke 28 tingkat nasional. Marketing Online dan Kuliner, jadi bidang bidikan dari sekolah yang sudah menjuarai di tingkat Provinsi Banten ini.

Dimasa pandemic, kompetisi yang sejajar dengan OSN (Olimpiade Sain Nasional)pada tingkat SMP atau SMA ini, digelar kali pertama secara daring.

BantenTribun.id–Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) SMKN 1 Kota Serang, Dede Rahmatullah mengatakan sekolahnya sedang mengikuti Lomba Kompetensi Sekolah (LKS) Tingkat Nasional.

Lomba Kompetensi Siswa,  sebuah ajang kompetisi  tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. Kompetisi ini juga sejajar dengan OSN, yang diperuntukkan bagi siswa tingkat SMP dan SMA.

Dua siswa SMKN 1 Kota Serang, menjadi wakil dalam tingkat nasional karena sebelumnya mencatatkan diri sebagai juara di tingkat Provinsi Banten untuk bidang yang sama.

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk pertama kalinya menggelar Lomba Kompetensi Siswa  Tingkat Nasional  yang ke 28 ini secara daring, akibat wabah pandemic covid.

“Peserta LKS tingkat nasional dipilih dari juara LKS tingkat Provinsi Banten yang juga dilakukan online” terang Dede Rahmatullah, kepada BantenTribun, Selasa, 20 Oktober 2020.

Dua bidang kompetensi yang diikuti  SMKN 1 Kota Serang yakni Marketing Online dan Kuliner.

“Marketing Online diikuti Ratu Diana Safitri. Sedangkan bidang Kuliner diikuti Yowen,” jelas Dede.

Dijelaskan Dede, LKS Tingkat Nasional diselenggarakan dari tanggal 25 September – 24 Oktober 2020 secara online.

“Peserta kompetensi tidak kumpul di satu tempat. Tapi mengikuti lomba dari sekolah masing-masing. Pakai fasilitas zoom,” ujar Dede.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.

Juara LKS tingkat Nasional ini  akan mewakili Indonesia di LKS tingkat dunia, yang dikenal dengan nama “World Skills International Competition 2021”, atau Kompetisi Keahlian Tingkat Dunia.

“World Skill International Competition rencananya diselenggarakan di Shanghai, Cina. Doakan siswa-siswa kami menang yah. Selain membawa nama Banten, juga akan membawa nama Indonesia,” harap Dede.(Nur.H/kar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.