Disnakertrans Kabupaten Serang Lakukan Koordinasi Terkait TKA

Setiawan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang.

Setiawan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang.

Dinas Tenagakerja Kabupaten serang, ternyata baru melakukan koordinasi dengan Disnakertrans Provinsi Banten, pasca terjadinya demo pekerja lokal akibat insiden pemukulan oleh TKA. Pekerja lokal juga menuntut perbaikan upah dan jam kerja yang sangat timpang dengan TKA di PT ZTPI Jawa 7.


Serang, BantenTribun.id-Terkait keberadaan Tenaga kerja Asing di Proyek Pembangkit Listrik Terate Kabupaten Serang ada sekitar 343 TKA berdasarkan laporan yang masuk ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang, Setiawan terkait keberadaan tenaga asing yang ada di proyek tersebut itu kewenangannya ada di Disnaker provinsi.

” Kalau urusan fungsi pengawasan,karena sudah di tarik kewenangannya ke wilayah menjadi kewenangan Disnaker provinsi. Namun, berdasarkan data yang kita terima, ada 343 TKA keberadaan tenaga asing tersebut yang masuk ke Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Serang,” kata Setiawan, saat di konfirmasi di kantornya.

Berdasarkan data, lanjut Setiawan, ada sekitar enam perusahaan yang di proyek yang ada di sana yang mempekerjakan tenaga asing.

“Ada enam perusahan disana yang tercatat sampai agustus 2017, yakni PT. Sdepci Indonesia (18) TKA, PT.Zheziang Tenaga Pembangunan Indonesia (217) TKA,
PT. Indofudong (51) TKA, PT.Huahui enginering (40) TKA,
PT.Guangdong (7) TKA, dan PT.Gong xin (10) TKA ,” jelasnya.

Wawan melanjutkan, pasca insiden di proyek pembangkit tenaga listrik PT ZTPI Jawa 7 kemarin, pihaknya baru lakukan kordinasi tingkat pengawas yang ada di provinsi, terkait adanya beberapa tuntutan dari pekerja lokal yang disampaikan pada saat demo seperti mengenai jam kerja, upah yang diminta di sesuaikan UMR,

” Mereka kan ada serikat pekerja, mereka selesaikan dulu internalnya, nanti kalau tidak selesai baru bisa pungsi mediator yang ada di dinas. sampai saat ini belum,kita baru kordinasi dari pihak pengawas yang ada di tingkat provinsi,namun nanti jika di perlukan pasti kita siap nanti.” pungkasnya.(adi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.