Dimasa Pandemi, Pertumbuhan Ekonomi Banten Minus 7.4 Persen

Pertumbuhan ekonomi Banten anjlok hingga 7.4 persen year on year (yoy) dibanding kondisi tahun 2019, dan turun hingga 8.55 persen q to q dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

pertumbuhan ekonomi banten

BantenTribun.id- Pandemi virus corona telah melumpuhkan banyak sektor ekonomi di berbagai daerah tak terkecuali di Banten. Provinsi di ujung barat pulau Jawa itu lumayan terpuruk akibat pandemi corona.

Laju pertumbuhan ekonomi banten di tahun 2020 baik kuartal pertama dan kini di kuartal kedua memang terus terkontraksi. LPE Banten terkontraksi minus 7.40 persen year on year.

Pertumbuhan ekonomi Banten tumbuh negatif hampir di semua sektor produksi, dimana yang paling terdampak di Provinsi ini adalah sektor usaha transportasi dan pergudangan sebesar 43.94 persen.

Selain tranpsortasi dan pergudangan sektor-sektor lain seperti industri pengolahan, industri jasa, penyediaan akomodasi, sektor konstruksi hingga real estate juga mengalami konstraksi signifikan.

pertumbuhan ekonomi banten
Infografis pertumbuhan ekonomi banten, sumber; BPS

Pertumbuhan Ekonomi Banten Di Sektor ini Aman

Meski banyak sektor produksi yang tumbuh minus, beberapa sektor lain justru tumbuh baik di masa pandemi corona.

Sektor pertanian, informasi dan komunikasi, Jasa kesehatan dan kegiatan sosial hingga jasa keuangan dan asuransi mengalami pertumbuhan positif.

Sektor informasi dan komunikasi menjad sektor dengan pertumbuhan ekonomi positif hingga 9.74 persen.

Hal ini sangat dimaklumi, karena dimasa pandemi, dan adaptasi kenormalan baru, penggunaan teknologi dan komunikasi menjadi sangat vital.

Hampir semua instansi perkantoran tak lagi menggelar rapat di berbagai hotel atau aula pertemuan, selain itu koordinasi dan konsultasi di level itu praktis menggunakan teknologi virtual, hal itu mendorong kebutuhan akses internet yang terus meningkat.

Selanjutnya di beberapa Kabupaten/Kota di Banten ada yang memberlakukan PSBB dan itu juga berdampak pada pola hidup yang berubah, dimana banyak aktivitas dilakukan di rumah, dan itu pun berdampak pada pengggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang makin signifikan.

Selain sektor informasi dan komunikasi, sektor lain yang pertumbuhan ekonominya tumbuh positif adalah sektor pertanian.

Sektor ini kembali membuktikan kekuatannya saat dihantam krisis, termasuk di tahun ini dimasa pandemi Covid-19.

Meningkatnya konsumsi masyarakat Banten di masa pandemi, seiring meningkatnya jam orang-orang tinggal di rumah, membuat kebutuhan bahan baku makanan juga meningkat.*red

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.