Dianggap Komitmen Dalam Penegakan HAM, Kabupaten Lebak Diganjar Penghargaan Dari Kemenkumham

Kabupaten Lebak kembali diganjar penghargaan dari Pemerintah Pusat, kali ini dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia karena dianggap punya komitmen dalam penegakan HAM.

Capaian itu disyukuri Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, karena menunjukan bahwa Lebak punya komitmen terhadap penegakan HAM dan diakui pemerintah pusat.

Foto: Humas Protokol Lebak

BantenTribun.id- Di tengah hiruk pikuk Pilkada Serentak di beberapa Kabuapten dan Kota di Provinsi Banten, Kabupaten Lebak justeru kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat.

Apresiasi kali ini datang dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang memberikan piagam penghargaan karena menanggap Lebak punya komitmen terhadap penegakan HAM.

“Penghargaan ini adalah bukti bila Kabupaten Lebak punya komitmen yang baik dalam menegakan prinsip-prinsip HAM ketika menyelanggarakan pembangunan dan pelayanan pada masyarakat.” Ungkap Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Senin (14/12) seperti dikutip dari akun instagram resmi Pemkab Lebak.

Pemberian penghargaan digelar secara daring dan serentak di seluruh Ibu Kota Provinsi, mengingat pandemi Covid-19. Penyerahan penghargaan juga merupakan satu rangkaian dengan peringatan hari Hak Asasi Manusia ke-72.

Kabupaten Lebak Penuhi Kriteria

Pemberian penghargaan oleh Kemenkumham berdasarkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-04.HA.04.03 Tahun 2020 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia dan Iti Octavia Jayabaya Sebagai Mitra Kerja Kemenkumham Tahun 2020.

Kabupaten Lebak dinilai telah memenuhi beberapa indikator dalam komitmennya terhadap penegakan HAM yaitu: Hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, serta lingkungan yang berkelanjutan.

Ade Sumardi mengaku sangat bersyukur atas pencapaian itu dan meminta seluruh stake holder tetap mempertahankan komitmen dalam penegakan HAM di berbagai proses penyelenggaraan pemerintah.

Ade juga mengaku, penghargaan ini juga telah memotivasi jajarannya untuk melakukan yang terbaik terkait penegakan HAM dan siap untuk melaksanakan amanat Presiden Joko Widodo seperti yang disampaikan dalam sambutan.

Selain memberi penghargaan akan komitmen pada HAM ke Pemerintah Kabupaten Lebak. Kemenkumham juga memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Banten sebagai mitra kerja Kemenkumham Tahun 2020. (red)

This website uses cookies.