Deretan Striker Inggris Terbaik Sepanjang Masa

Deretan Striker Inggris terbaik sepanjang masa merupakan gambaran kehebatan penyerang inggris yang sanggup meruntuhkan dominasi sepakbola dunia

deretan striker inggris terbaik sepanjang masa

BantenTribun.id- Inggris merupakan kiblat sepakbola saat ini, Premier League adalah impian dari semua bakat sepakbola seluruh dunia.

Kompetisi di Inggris memang beda, bila Spanyol hanya fokus pada dua tim besar Real Madrid dan Barcelona, atau Jerman dengan Bayern Muenchennya, maka di Inggris, banyak klub semenjana yang sanggup menerobos tim-tim besar lalu menjadi juara.

Kompetisi di Inggris memang sulit ditebak, lawan manapun bisa saja saling mengalahkan, tak peduli ia tim kecil tanpa bintang.

Kompetisi yang hebat itu juga melahirkan striker-striker jempolan yang membanggakan negeri Ratu Elizabeth itu. Berikut Deretan Striker Inggris terbaik sepanjang masa

  1. Geoffrey Hurst

Sir Geoffrey Hurst, namana mungkin tidak setenar Sir Boby Charlton seorang gelandang serang, partner Hurst saat Inggris merebut gelar Piala Dunia 1966, gelar yang hingga kini sulit direbut negara kiblat sepakbola itu.

Tapi Hurst adalah strikernya, ujung tombak Union Jack di Final. Ia adalah pencetak hattrick ke gawang Jerman Barat, lawan Inggris di Final yang tumbang dengan skor 4-2.

Karir Hurst di klub memang tak secemerlang di Timnas, ia adalah punggawa West Ham United, Stoke City dan West Brom.

Tak ada gelar Liga Champion di lemarinya, ia hanya mampu membantu timnya merebut satu Piala Winners dan sebuah Piala FA.

Meski begitu, ia adala sosok yang sulit disaingi deretan striker Inggris lainnya, karena telah merebut Piala Dunia FIFA 1966.

 

  1. Kevin Keegan

Pria ini benama lengkap Kevin Joseph Keegan, lahir di Armthorpe Inggris. Keegan adalah striker andalan Liverpool saat jadi penguasa eropa di era 70 an.

Keegan memang tak sanggup membawa Inggris merebut Piala Dunia, tapi kiprahnya bersama The Red amatlah luar biasa. Ia adalah Legenda, pemberi citra baik sebelum memutuskan hijrah ke Jerman bersama Hamburg SV.

Bersama Liverpool Keegan telah memainkan 323 laga dengan 100 gol. Ia pun beberapa kali didapuk sebagai pencetak gol terbanyak liga, dan sah mendapatkan Golden Boot.

Prestasi terbaik dari deretan striker inggris terbaik sepanjang masa itu adalah perebut gelar Liga Champion di akhir karir bersama The Red.

Menghadapi Moenchen Gladbach, Keegan memang tak mencetak gol di final, tapi aksinya menjadi asbab gol kemenangan Liverpool di final kompetisi paling wah di Eropa itu.

Selain gelar Liga Champions, Bersama The Red, Keegan juga meraih banyak gelar baik Premier League, FA Cup, dan tentu saja dua kali gelar Ballon d’or.

  1. Peter Withe

Kita mengenal pria ini sebagai pelatih sukses di Asia Tenggara bersama Thailand. Indonesia pun akhirnya kepincut minta dilatih oleh tangan dinginnya.

Meski tak sesukses kala menggawangi Thailand, Peter Withe memberi ‘aksen’ sepak bola menyerang di tubuh timnas garuda kala itu.

Sebagai pemain, kiprah Withe memang tak sementereng Keegan. Tapi ia adalah pembuat sejarah.

Peter With masuk ke dalam deretan striker Inggris sepanjang masa karena menjadi pencetak gol tunggal bagi klubnya Aston Villa di Liga Champions Eropa. Gelar yang kini mungkin hanya mimpi bagi The Villan.

Deretan prestasi Withe sebenarnya bukan hanya gelar Liga Champions. Ia pun membantu Aston Vila merebut gelar juara liga Inggris pada 1981. Gelar yang juga ia raih bersama Nottingham Forest tiga tahun sebelumnya.

Sebagai seorang striket Peter With jga sukses menjadi top skor Liga pada musim 1980/1981 dengan 20 gol.

  1. Gary Lineker

Prestasi Gary Lineker bersama klub yang dibela mungkin tak sementereng pendahulunya. Tak ada gelar Piala Dunia, atau Liga Champions yang ia raih, bahkan gelar juara Liga pun nihil.

Tapi sebagai individu, striker ‘killer’ ini sulit ditandingi penyerang Inggris manapun.

Lineker adalah peraih lima kali pencetak gol terbanyak. Ia adalah top scorer untuk Premire League di musim 1984/1985, 1985/1986 dan 1989/1990 dengan klub yang berbeda.

Lineker juga menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1986 dan pernah menjadi pencetak gol terbanyak ketika berkutat di tim divisi utama Liga Inggris.

Pemain kelahiran Leicester ini juga menjadi Most Valuable Player Premiere League besama Totenham Hotspurs dan Everton.

Lineker menjadi pemain Inggris yang juga sukses berkiprah di Spanyol bersama Barcelona. Ia membantu Blaugrana merebut Piala Spanyol di musim 87/88.

  1. Alan Shearer

Masuk ke deretan striker Inggris sepanjang mata ada Sosok striker sejati yang pandai mencari peluang, garang di kotak penalti lawan, Alan Shearer

Pemain kelahiran Newcastle Inggris ini mungkin menjadi satu dari striker dengan lesakan gol paling banyak di Inggris.

Bayangkan saja, saat harus cedera ligamen ketika dibeli dari Southampton oleh Blackburn Rovers, Shearer mampu mencetak 16 gol dari 21 laga besama The Lanchasire. Gol yang juga mengantarkan Blackburn jadi runner up Premiere League kala itu.

Musim berikutnya, yakni 1993-1994 saat ia pulih dengan kondisi kebugaran maksimal, Shearer tampil lebih gila lagi, bersama kompatriotnya di Chris Sutton di Blackburn, Shearer sanggup melesakan 31 gol dari 40 pertandingan, sekaligsu membawa The Rovers juara, menyingkirkan dominasi Setan Merah.

Pelabuhan Shearer berikutnya, setelah Blackburn adalah klub masa kecilnya, New Castle United.

Bersama The Tyneside, Shearer memang tak membukukan prestasi membanggakan, tapi kiprahnya cukup membawa tim garis hitam putih itu menjadi klub menakutkan di Premiere League dan sah menjadi satu dari deretan striker inggris terbaik sepanjang masa. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.