Daripada Diam Dirumah Karena Corona, Mending Nanam Sayuran Bermanfaat

sayuran bermanfaat

Pandeglang, Bantentribun,id- Pageblug Covid-19 membuat banyak orang terpaksa tinggal dirumah. Work From Home (WFH) bagi pekerja, dan Diliburkannya sekolah-sekolah menjadikan aktivitas keluarga praktis hanya disekitar tempat tinggal mereka.

Diam dirumah lama-lama ternyata bikin gabut juga, meski sudah banyak hal yang dilakukan, namun belum terlihat adanya kepastian kapan Corona berakhir.

Menanam tanaman bisa menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus mendelete kegabutan. Apalagi aktivitas ini bisa dilakukan dengan semua anggota keluarga.

Tanaman sayuran bisa menjadi pilihan, sebab selain banyak manfaatnya, kebanyakan sayuran berumur pendek, sehingga anda dan keluarga bisa melihat proses lengkap dari penyemaian hingga panen.

jika memutuskan menanam sayuran, perlu juga diperhatikan manfaat yang akan dirasa. Oleh karena itu, beberapa sayuran bermanfaat ini bisa anda pilih.

sayuran bermanfaat

Okra

Okra adalah jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan terutama Asma. Kandungan anti oksidan dan vitamin C yang tinggi dipercaya dapat meredakan penyakit yang menyiksa pernapasan manusia itu.

Selain meredakan asma, tanaman ini juga dipercaya mampu melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan Jantung, dan menjaga gula darah.

Tanaman yang satu ini senang hidup disuhu hangat seperti Indonesia, dan ia sanggup tumbuh didalam pot bila diperlakukan dengan baik.

sayuran bermanfaat

Selada

Selada merupakan jenis tanaman sayuran yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan Vitamin A dan C dalam tanaman ini berguna untuk menjaga kesehatan mata serta pertumbuhan tulang.

Pakar Fitofarmakologi, Lanny Lingga pernah menulis dalam bukunya soal kandungan Vitamin A dan C. Menurutnya kandungan vitamin A dalam 100 gram daun selada adalah sebesar 2,600 mg, sedangkan vitamin C sebanyak 24 mg.

Budidaya Selada juga tidak sulit, tanaman yang bisa dipanen 2-3 bulan setelah semai ini bisa ditanam didalam pot, atau jika anda punya modal lebih atau kreatif, anda bisa menanamnya dengna sistem hidroponik. Panduan cara menanamnya pun sudah banyak beredar di Youtube.

sayuran bermanfaat

Lobak Sayuran Bermanfaat

Ada beberapa jenis lobak didunia, namun yang biasa ditanam di Indonesia adalah jenis Lobak Putih atau Daikon.

Tanaman yang satu ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin berat badannya terjaga.

Kandungan serat yang tinggi dalam Lobak membuat orang yang memakannya akan merasa kenyang lebih lama.

Sekitar 21 kalori disumbangkan tanaman ini untuk tubuh anda dalam setiap 100 gramnya.

Soal umur panen, tanaman ini juga tidak terlalu lama, rata-rata sekitar 60 hari setelah tanam.

Tak hanya itu, jika rumah anda tidak terlalu luas, Lobak bisa dibudidayakan dalam media pot atau polybag.

Selain ketiga tanaman sayuran di atas, sebenarnya masih banyak tanaman lain yang bisa ditanam, intinya selain mendapatkan manfaat dari prosesna, hasilnya pun berguna juga untuk kesehatan, terlebih dimasa pagebluk seperti sekarang. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.