Dari Jagung ke Udang Vaname, Kemenperin Siap Dukung Gorontalo

Udang Vaname (Litovus vannamei) merupakan komoditas perikanan yang dinilai memiliki nilai ekonomi tinggi dan berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia, termasuk Gorontalo.

udang vaname
Udang Vaname. Foto Wikipedia

BantenTribun.id- Provinsi Gorontalo dikenal khalayak sebagai wilayah penghasil jagung, namun di masa kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie, Provinsi di pulau Sulawesi itu mulai merambah dan fokus pada pengembangan komoditas Udang Vaname.

Udang Vaname (Litovus vannamei) merupakan komoditas perikanan yang dinilai memiliki nilai ekonomi tinggi dan berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia, termasuk Gorontalo.

“Sebagai daerah dengan garis pantai yang panjang, Gorontalo sangat cocok untuk pengembangan Vaname, dan kita sudah punya program untuk itu, yakni Kave (Kampung Vaname),” ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibi, dalam pertemuan dengan Menperin dengan Gubernur Gorontalo, Selasa (14/07) seperti dilaporkan laman Kemenperin.

Lebih lanjut, Rusli mengatakan, bila program Kave dapat mendongkrak produksi Vaname di daerahnya.

Soal potensi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, Sila Botutihe mencatat. Sebaran produksi Vaname di Gorontalo berada di daerah Pohuwato, Boalemo, dan Gorontalo Utara.

“Jumlahnya sekitar 16,713 hektare, sementara yang sanggup beroperasi hingga saat ini sebesar 54 persen,” terang Sila.

Sila mengaku menyayangkan kondisi tersebut, dimana hampir setengahnya tidak beroperasi. “Padahal pada periode Januari-September 2018, volume ekspor perikanan Gorontalo mencapai 40,2 ton, dimana sebagian besarnya adalah udang Vaname.” Jelasnya.

Kadis DKP itu pun berharap, hasil dari pertemuan dengan Menteri Perindustrian dapat mempercepat masuknya investor ke Gorontalo untuk

Kemenperin Siap Dukung Udang Vaname Gorontalo

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sepertinya paham betul dengan kondisi Gorontalo dalam mengembangkan Udang Vaname.

Ia pun maklum, bila komoditas perikanan itu memang memiliki nilai tambah tinggi dan menjadi salahsatu tumpuan ekonomi Gorontalo dari sektor perikanan.

Pengembangan Udang Vaname dinilai menperin punya potensi beesar, untuk memenuhi kebutuhan pasar baik luar negeri maupun domestik.

Ia mengaku siap memfasilitasi Gorontalo untuk mencari investor di sektor itu.

“Kami akan mendorong peningkatan investasi, pemerinah bertekad menciptakan iklim usaha yang kondusif. Dengan mengeluarkan kebijakan yang bisa mengakselerasi sektor strategis termasuk pengembangan komoditas udang tersebut, Tukas Menperin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.