Dapat Tugas Tambahan Dari Bos, Tapi Pengen Nolak, Gimana Caranya?

menolak bos

Jika memilih menolak, hati-hati. Salah ucap, kamu di black list lagi sama bos. Beberapa cara menolak kerjaan dari bos biar nggak bikin dia tersinggung ini bisa kamu lakukan.

BantenTribun.id- Mendapat kerjaan tambahan dari atasan alias bos tentu menyenangkan, hal itu nunjukin bila kamu jadi orang yang dianggap mampu dan kerjamu bagus.

Tapi ada kalanya kita punya prioritas lain yang lebih penting, akhirnya bingung, mau nolak salah nggak nolak juga salah.

Nah jika kamu pernah berada dalam kondisi itu, apa yang akan kamu lakukan.

Jika memilih menolak, hati-hati. Salah ucap, kamu di black list lagi sama bos. Beberapa cara menolak kerjaan dari bos biar nggak bikin dia tersinggung ini bisa kamu lakukan.

Ucapkan Terimakasih

Ucapan terimakasih adalah bukti bila kamu juga menghargai atasan, menghargai kepercayaannya yang diberikan padamu.

Saat bos memintamu mengerjakan tugas tambahan berarti ia percaya abis sama kamu, dia yakin kamu mampu.

Beri Alasan Yang Jelas

Atasan pasti kecewa, atau mungkin marah bila kamu tolak permintaan darinya.

Nah ada baiknya kamu ungkapkan alasan kenapa kamu menolak, ucapkan dengan jelas supaya ia bisa mengerti kondisimu.

Sebab jika kamu menerima kerjaan tambahan itu, tapi kamu merasa berat, hasilnya jarang bagus. Karena hatimu nggak nyaman, atau pikiranmu melayang bercabang.

Beri Solusi

Saat kamu berpikir menolak dan memberi alasan, kamu juga harus memberi solusi, agar pekerjaan tambahan yang diminta bos itu benar-benar bisa selesai.

Jika memang deadlinenya bisa diundur, kamu tanyakan apakah masih ada waktu. Atau jika merasa tak mampu minta untuk dilatih atau dibimbing. Dengan begitu Atasan akan paham jika kamu punya inisiatif, bukan menolak karena malas.

Pilih Orang Lain

Jika kamu merasa tak akan mampu mengerjakan, atau mengemban tanggungjawab besar atas tugas tambahan yang diberikan, ngga ada salahnya meminta tolong orang lain, atau memilih orang lain yang menurut kamu mampu dan kamu tahu track recordnya. (red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.