Dampak Pandemi, LKM Berkah Pandeglang Stop Kucurkan Kredit

 

Terdampak Covid-19, LKM Berkah stop kucurkan kredit (BantenTribun)

Banyaknya pengusaha Mikro yang terdampak Pandemi Covid-19, memaksa LKM Berkah Pandeglang mengambil langkah penyelamatan perusahaan. Selain merestrukturisasi hutang, penyaluran kredit untuk nasabahpun distop.

Pandeglang,BantenTribun.id- Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Berkah Pandeglang, terpaksa mengambil langkah penyelamatan perusahaan akibat banyaknya nasabah yang terdampak Pandemi Covid-19.

Dampak ekonomi akibat pandemi, membuat banyak nasabah mengalami kesulitan membayar kewajiban kreditnya.

“Nasabah lembaga kami banyak dari kalangan pengusaha mikro seperti pedagang di sekolah yang sudah tidak lagi bisa berdagang. Meskipun nilai kredit mereka hanya berkisar 2 hingga 10 juta, mereka kesulitan membayar kewajiban angsuran karena berhenti,” terang Dayat Hidayat, Direktur LKM Berkah kepada BantenTribun, Kamis 28 Mei 2020.

Menurut Dayat, sedikitnya tercatat 300 nasabah dari kalangan pedagang atau pengusaha mikro yang terdampak, diberikan restrukturisasi hutang dengan penambahan tenor satu sampai dua tahun.

“Sekitar 300 nasabah dengan total kredit Rp1,2 milyar yang direstrukturisasi sejak awal maret. Kita juga menyetop sementara kucuran kredit untuk nasabah,” terangnya.

Penghentian kucuran kredit, masih kata Dayat, belum dapat dipastikan batas waktunya. Ia juga tidak bisa memastikan kapan batuan likuiditas sebagai stimulus bagi lembaga mikro yang dijanjikan pemerintah bisa terealisasi,

“Lebih baik melakukan langkah-langkah penyelamatan semisal efisiensi anggaran daripada berharap dapat stimulus yang belum pasti,” katanya.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.