Covid-19 : Kisah Restart Liga Sepakbola Dunia

restart liga
ilustrasi Stadion dan Fans Liverpool, Foto: Istimewa

BantenTribun.id- Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, telah memukul dunia sepakbola. Olahraga paling digemari itu lumpuh dan tak ada pertandingan.

Tapi setelah melonggarkan beberapa aturan, seiring dengan melandainya penularan Covid-19 di beberapa negara, liga pun siap di restart.

Mulai dari Eropa, kiblat sepakbola dunia itu kini siap memulai kembali beberapa liganya.

Liga Inggris, sebagai liga paling kesohor menyatakan bila musim kompetisi tahun ini bisa saja dimulai pada pertengahan Juni.

Seperti dikutip dari The Guardian, restart liga sangat tergantung pada perdana menteri Boris Jhonson sebagai wakil pemerintah.

Lockdown, test, venue netral dan prosedur pencegahan yang ketat akan menjadi bahasan penting sebelum memulai kompetisi.

Selain Inggris, Jerman pun berencana memulai kembali liga pada 16 Mei. Setelah Kanselir Angela Merkel melonggarkan kebijakan Lockdown.

Akan tetapi, restart Bundes Liga bukan tanpa hambatan, setelah berita tiga oerang FC Koeln positif, kini federasi juga mengumumkan dari hasil tes 1,724 pemain dan staf 10 pemain menunjukan terindikasi positif Corona.

Spanyol, Swiss dan Portugal juga siap memulai musim kompetisi yang sempat terhenti. Operator La Liga berharap, kompetisi siap digelar pada pertengahan Juni.

Protokol yang ketat, mulai dari desinfeksi, tes antibodi dan inspeksi dari tenaga kesehatan. “Kembalinya sepakbola menandai normalitas baru di Spanyol,” ungkap Presiden Liga, Javier Tebas.

Senada dengan Spanyol, Swiss dan Portugal juga akan memulai liga di awal Juni. Ada pertimbangan bisnis yang harus diselesaikan, meski dibalik itu, para fans khawatir terhadap pemain kesayangan mereka karena membahayakan kesehatan.

Restart Liga di Asia

Korea Selatan telah meneruskan liga yang ditandai laga Jeonbuk Motors vs Suwon Samsung Blue Wings.

Dalam laga yang digelar tertutup tanpa penonton, berakhir untuk keunggulan Suwon dengan skor 1-0.

Operator kompetisi menyatakan, sebelu bertanding semua pemain telah dicek suhu tubuhnya, tempat duduk juga diatur sedemikian rupa.

Tak hanya itu, sebelum kompetisi dimulai, 1,100 pemain dan staf K-League telah di uji dan hasilnya negatif.

Restart Liga di Afrika

Afrika Selatan dan Ghana mulai memikirkan keberlanjutan Liga negara mereka. Ghana memutuskan Liga belum bisa dimulai dalam kerangka waktu yang pasti demikian juga dengan Afrika Selatan.

Operator kompetisi Ghana masih memantau kondisi hingga 30 Juni sebelum mengambil keputusan. Sementara Afrika Selatan masih diliputi kekhawatiran sejak Gelandang Orlando Pirates, Ben Mosthwari dinyatakan positif.

“pemain (Ben) tanpa gejala dan tengah mengisolasi diri selama 14 hari kedepan,” ungkap wakil klub. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.