Covid-19: Kasus Baru di Korea dan Rekor Baru di Cina

kasus baru covid 19
kasus baru covid 19. Ilustrasi : Edward Jenner

Namun, pada Minggu (9/5) negara tersebut melaporkan kasus baru sebanyak 34 orang positif covid-19.

BantenTribun.id- Korea Selatan (Korsel) dianggap sebagai salahsatu negara yang sukses menekan penyebaran Covid-19, Mass Rapid Test dan Isolasi disiplin warganya membuat virus Corona gagal berjaya di negeri ginseng.

Namun, pada Minggu (9/5) negara tersebut melaporkan kasus baru sebanyak 34 orang positif covid-19.

Seperti ditulis APNews, kasus baru mayoritas berasal dari penularan lokal.

Adalah cluster yang dikaitkan dengan klub malam di kawasan hiburan Itaewon, Seoul. Dilaporkan seorang pria berusia 29 tahun telah mengunjungi tiga klub malam, padahal ia dites positif minggu lalu.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae In meminta warganya untuk tetap tenang. Moon juga telah memerintahkan pada lebih dari 2,100 klub malam, bar, dan tempat dugem untuk ditutup.

“”penularan di klub malam yang terjadi baru-baru ini telah meningkatkan kesadaran bahwa bahkan selama fase stabilisasi, situasi serupa dapat muncul lagi, kapan saja, di mana saja di ruang tertutup yang padat,” kata Moon.

Moon juga menungkap, Ekonomi Korea Selatan sejatinya telah goyah sejak kasus Covid-19 ditemukan.

April ini, untuk pertama kalinya sejak 99 bulan, Neraca Perdagangan Korsel mengalami defisit, belum lagi krisis dalam industri jasa dan manufaktur.

Kasus Baru Cina

Bukan hanya Korea Selatan, Cina juga melaporkan kenaikan dua digit pertama untuk kasus baru dalam 10 hari. setidaknya 14 orang telah terdeteksi positiv Covid-19 dimana 12 diantaranya berasal dari infeksi lokal dan 2 sisanya berasal dari luar negeri.

Dari 12 infeksi lokal, 11 orang diantaranya berasal dari timur laut Jilin, dan satu lagi dari Hubei.

Jilin merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dimana kasus Covid-19 di negara tersebut belum jelas.

Tidak ada kematian virus baru yang telah dilaporkan di China selama hampir sebulan dan jumlah orang yang menjalani pengobatan untuk COVID-19 secara nasional turun menjadi 148, dengan 798 lainnya di bawah isolasi. Tiongkok telah melaporkan total 4.633 kematian dan 82.901 kasus. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.