Cerita Alumni IPB Cegah Stunting Di Afrika Dengan Ubi Jalar

Cegah Stunting di Afrika menjadi bagian dari upaya Erna Abidin Alumnus Institut Pertanian Bogor.

Berawal dari aktivitasnya sebagai educator di Afrika, Erna kini tergabung dalam lembaga non pemerintah yang bertugas mengembangkan penelitian pertanian, termasuk mengoptimalkan komoditas Ubi Jalar.

cegah stunting

BantenTribun.id- Dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung. Mungkin itulah yang mendorong Erna Abidin Alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB), berjuang mencegah stunting di Afrika.

Erna mengabdikan dirinya di Afrika khususnya di Malawi, Burkina faso dan Nigeria untuk cegah stunting di Afrika.

Erna lalu memutuskan untuk mengembangkan penelitian dengan Ubi Jalar sebagai jalan berkontribusi ditempat kini ia berada.

“Kita mengembangkan Ubi Jalar di Afrika, ada hasil penyilangan, yang dilakukan di Ghana dan Burkina Faso, dimana proyek saya juga menyumbang program diseminasi untuk stek-stek varietas baru di Afrika.” Ujar Erna dalam laporannya di laman resmi IPB.

Erna juga mengatakan ia punya keilmuan yang mendalam tentang Ubi Jalar. Hal itulah yagn membuat ia terpanggil dan membantu masyarakat Afrika.

“Saya menggunakan teknologi biologi molekuler, bagian dari bioteknologi. Dengan itu saya bisa melakukan telusur dari mana saja ubi-ubi itu berasal.” Ungkap Erna.

Lebih lanjut Erna mengatakan, bukan hanya di Indonesia, Afrika juga banyak memiliki potensi pertanian untuk di kembangkan.

“Di sini (Afrika) butuh ahli-ahli pertanian, saya harap banyak peneliti muda Indonesia datang kesini.” Imbuhnya.

Bukan hal mudah bagi Erna untuk berkiprah di Afrika. Ia mengawali perjuangannya di benua itu karena profesinya sebagai educator di Uganda pada tahun 1994 hingga 2021.

Ia lalu melanjutkan karirnya sebagai peneliti di sebuah lembaga non government (NGO) bernama Agriv 4 Dev Stiching & Foundation.

“Niat saya sederhana, saya ingin berkontribusi bagi kehidupan umat manusia.” Ungkapnya.

Berkat keseriusannya dalam menggarap Ubi Jalar =, kini hasilnya mulai terlihat. Melalui ubi jalar oranye, Erna Abidin mulai berkontribusi untuk mencegah stunting di Afrika.

“Saya berharap banyak generasi muda, khususnya alumnus IPB yang mau berkiprah di Afrika. Generai muda dituntut kerja keras dan ingin tahu yang tinggi. Lalu berkontribusi.” Pungkasnya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.