CEO SM Ungkap Kunci Sukses K POP Yang Mendunia

Kunci sukses K pop sehingga bisa mendunia seperti sekarang. Bahkan tetap tumbuh meski dihadang pandemi bukan diraih dalam waktu yang singkat.

Ada tahapan sistematis, butuh waktu dan jaringan yang luas sehingga gelombang korea bisa menguasai dunia.

kunci sukses k pop
K Pop Artis. Foto Flickr’ HKKPOPPAGE

BantenTribun.id- K Pop atau Korean Pop kini bukan lagi sekedar konsumsi musik dalam negeri Korea Selatan. Genre itu makin mendunia dan disukai oleh banyak penduduk di berbagai benua.

Grup K-Pop seperti Black Pink dan BTS bahkan sering menjadi jawaran trending topic sosial media. Hebatnya itu tidak terjadi di satu dua negara, tapi banyak.

Fans mereka pun tak bisa dianggap sebelah mata. BTS Misalnya, grup K Pop denga 7 personil pria ganteng itu jadi idola di berbagai negara, dari Brasil hingga Indonesia.

Lalu apa kunci sukses K Pop bisa sukses dan begitu mendunia seperti sekarang?

Lee Sung Su tokoh penting di SM Entertainment – sebuah perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan mengatakan, kunci sukses K pop bisa mendunia seperti sekarang karena strategi yang tepat dan jaringan global yang kuat.

Pria yang juga menjabat CEO di SM itu juga mengatakan, Strategi K Pop bisa sukses seperti sekarang tidak diraih dalam waktu yang singkat.

Menurut Lee salah seorang yang berjasa membuat K pop bisa tampil secara global adalah pendiri perusahaan tempatnya bekerja, Lee Soo Man.

“Lee Soo Man mempunyai visi membawa K pop ke tingkat global, ia memperkenakan konsep teknologi budaya di akhir 1990an, sejak itu K pop mulai tumbuh.” Ungkap Lee Sung Su saat jadi pembicara di even Korea Creative Content Agency (KOCCA) seperti dikutip dari koreatimes.

Lebih lanjut, dalam even yang digelar oleh Kementerian Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata korea Selatan itu, Lee Sung Su mengatakan, semua berawal dari kreasi budaya. Kini menjadi K Pop yang mendunia.

“Kreasi budaya adalah tentang pencarian bakat, pelatihan, dan produksi musik.” Ungkap Lee.

Lee kemudian mencontohkan apa yang telah dilakukan perusahaannya SM Entertaintment dalam menggemakan K pop.

“Sebaga perusahaan yang berdiri lebih dari dua dekade, kami menemukan penyanyi berbakat dari berbagai audisi, dan menandatangani kontrak dengan mereka yang terpilih.” Jelas Lee.

Lee menambahkan tandatangan kontrak bukan akhir segalanya. “Kunci Sukses K pop justru baru dimulai.” Ungkapnya.

“Mereka akan dipersiapkan sedemikian rupa, dilatih menyanyi, koreografi, akting hingga manner atau perilaku. Mereka melakukan itu satu sampai dua tahun sebelum debut, bahkan ada yang lebih dari itu.” Imbuh Lee.

Kunci Sukses K Pop Karena Jaringan

Lee kemudian menjelaskan, setelah mereka – para artis baru K pop – melakkan debut. Maka manajemen pun dimulai.

Menurut Lee, SM saat ini punya sekitar 2000 komposer musik di seluruh dunia dan terus berkomunikasi intens untuk menghasilkan musik yang keren dan sesuai.

Kemudian artis debutan itu mulai disukai dan digemari oleh fans di fase ini Lee Sung Su menyebutnya sebagai ‘culture development’ atau pengembangan budaya.

“Kita sudah mendapatkan banyak keuntungan di fase ini, artis-artis SM seperti BoA, Super Junior dan TVXQ contohnya.” Ujar Lee.

Terakhir Lee menyebutkan, bila fenomena K pop yang mengglobal punya trickle effect pada sektor lain di Korea Selatan.

“Pengaruhnya meluas ke layanan streaming, aplikasi seluler, pariwisata hingga industri game.” Imbuh Lee.

Kini dimasa pandemi, Lee Sung Su merasa bangga, karena K pop dan gelombang korea lainnya masih terus tumbuh, meski tak konser offline.

“Banyak even konser grup K pop menuai sukses, meski digelar secara online.” Pungkas Lee. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.