Bukan Sekedar Penyedap Makanan, Potensi Sereh Wangi Juga Menjanjikan

Potensi sereh wangi untuk dijadikan ladang usaha masih sangat menjanjikan, selain budidayanya yang mudah, tanaman ini juga memiliki sejuta manfaat yang dibutuhkan masyarakat.

potensi sereh wangi

BantenTribun.id- Potensi rempah Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Umbi, batang hingga daunnya banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk menambah pendapatan.

Tanaman sereh atau sereh wangi misalnya, tanaman sejenis rumput ini telah dimanfaatkan secara luas oleh penduduk di Asia, seperti Thailand, Vietnam, Malaysia hingga Indoensia.

Tanaman ini juga menjadi bagian penting dari kehidupan warga di timur tengah dan asia selatan, tempat dimana ia diduga berasal. Ia biasanya digunaan sebagai bumbu penyedap pada kuah kari dan roti.

Sebagai tanaman multi fungsi, Sereh Wangi (Cymbopogan nardus L), menjadi tanaman dengan potensi menjanjikan, baik untuk dibudidaya maupun diolah menjadi produk lain yang bermanfaat.

Potensi sereh wangi jika menjadi tanaman budidaya ada pada sifatnya yang “evergreen.” Tanaman ini tumbuh menghijau setiap tahun. Jadi bisa dipanen kapan saja. Serta budidayanya yang relatif mudah.

Bahkan budidaya tanaman ini bisa diintegrasikan dengan ternak sapi karena daun sereh wangi mengandung banyak protein.

Sapi yang mengkonsumsi daun tanaman ini keringatnya tidak berbau, begitu juga dengan fesesnya.

Sementara potensi bisnis sereh wangi jika di olah menjadi produk jadi atau setengah jadi juga tak kalah menggiurkan. Kuncinya ada pada kualitas produk dan efektivitas pemasaran, beberapa produk yang dihasilkan dari bahan baku sereh wangi sebagai berikut:

Obat Alami Minyak Sereh Wangi

Potensi sereh wangi yang bisa meghasilkan cuan salahsatunya dengan menjadikan tanaman ini sebagi obat alami dalam bentuk minyak esensial.

Soal digunakannya sereh wangi sebagai obat seperti ditulis oleh Sersi Herliana STP dalam buku Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal terbitan FMedia (Imprint AgroMedia Pusaka).

Herliana dalam bukunya menulis, Potensi sereh wangi sebagai obat terlihat dari fungsinya untuk menangani masuk angin, penambah nafsu makan, penurun panas, pereda kejang/step, serta influenza.

Kandungan minyak sereh wangi esensial lanjut Herliana juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem saraf, melemaskan otot, dan menghangatkan badan.

Hal lain yang menarik perhatian dari potensi sereh wangi adalah, adanya sebuah riset dari Universitas Gurion Israel yang menunjukan bahwa setiap 100 gram tanaman itu mengandung zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengobati Kanker.

Di Cina, penggunaan minyak esensial dari tanaman ini biasa digunakan untuk pengobatan sakit kepala, perut, hingga asam urat.

Potensi Sereh Wangi Sebagai Sabun dan Aroma Terapi

Selain sebagai obat untuk banyak penyakit, potensi sereh wangi juga menjadi bahan untuk membuat sabun, parfum dan aroma terapi dan produk kecantikan lainnya.

Minyak sereh wangi atau Java Citronella Oil  bukan hanya dibutuhkan industri dalam negeri tapi juga dunia.

Saat ini kebutuhan akan pasokan minyak sereh wangi sekitar 2,000 – 2,500 ton per tahun, dan tidak sampai setengahnya di pasok dari Cina, artinya masih ada peluang Indonesia menjadi pemasok utama.

Industri Sabun, aroma terapi dan parfum masih membutuhkan pasokan minyak sereh wangi. Dibeberpa daerah, sabun sereh wangi bahkan digunakan sebagai pembersih untuk hewan ternak seperti sapi dan kerbau.

Bumbu Masak

Potensi sereh wangi yang lain yang tak kalah pentingnya adalah sebagai bumbu masak. Masakan India dan timur tengah misalkan kerap menggunakan bahan ini sebagai bumbunya.

Kini dengan adanya teknologi, daun sereh wangi bisa di ekstrak menjadi serbuk sehingga lebih instan. Kebutuhannya pun terus meningkat. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.