Berkat Suku Cadang Banten, SMKN 1 Kota Serang Raih Medali Emas LKS Tingkat Nasional

 

Ratu Diana Safitri (paling kanan) didampingi guru pembimbing SMKN 1 Kota Serang. Diana berhasil meraih juara 1 tingkat nasional dalam LKS ke 28 bidang marketing online (foto-Nur/ist/BantenTribun)

Berkat Suku Cadang Banten, Ratu Diana Safitri, Siswi SMK Negeri 1 Kota Serang, berhasil menyabet medali emas dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke 28 Tingkat Nasional. Diana, menyisihkan 180 peserta lainnya se-Indonesia, dalam lomba bidang Marketing Online.

Serang, BantenTribun.id—Ratu Diana Safitri, salah satu dari dua siswi SMKN 1 Kota Serang yang mewakili Provinsi Banten dalam ajang tahunan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke 28, sukses meraih  juara pertama dan menyabet medali emas. Sementara Yowen, yang mengikuti lomba bidang kuliner, berhasil masuk peringkat  ke- 7 dari 25 finalis.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional ke 28, yang digelar secara daring berlangsung dari tanggal 18 s/d 24 Oktober 2020 secara resmi ditutup oleh Wikan Sarakinto, Dirjen Pendidikan Vokasi melalui teleconference, Jumat malam, 23 Oktober, 2020.

“Kami kirimkan dua siswa yang mengikuti  LKS tingkat nasional untuk bidang kompetensi Marketing Online dan Kuliner. Alhamdulillah Marketing Online yang diikuti Ratu Diana Safitri mendapatkan Juara 1 atau Medali Emas. Sedangkan bidang Kuliner diikuti Yowen, masuk peringkat 7 dari 25 finalis,” kata Dede Rahmatullah, Wakasek SMKN 1, melalui keterangan tertulisnya kepada BantenTibun, Sabtu,24 Oktober 2020.

“Prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras dari semuanya, Pendamping Lomba dan Peserta. Semoga kita bisa lebih baik lagi dalam LKS di tahun depan dan  ini menjadi awal kebangkitan SMKN 1 Kota Serang untuk kembali berprestasi”  imbuh Dede.

Kepala SMKN 1 Kota Serang Maksudi Zen Mutaqin,  mengaku terharu, bahagia sekaligus memberikan apresiasi atas capaian prestasi yang diraih dalam ajang LKS.

 “Saya merasa terharu, bahagia dan mengapresiasi setinggi tingginya atas capaian prestasi teman- teman dalam LKS ke 28 tingkat Nasional kali ini.  Alhamdulillah

ini adalah hasil perjuangan kita semua. Yang sudah juara tidak menjadi sombong karena ini tahapan awal untuk menjadi pribadi yang lebih tawadhu, terus berkarya, dan lebih rendah hati. Yang belum juara  tidak patah semangat dan tetap berjuang untuk mendapatkan yang terbaik lagi nanti.” Kata Maksudi Zen.

Namiroh,  pendamping lomba meyatakan jika kesuksesan Ratu Diana Safitri yang meraih juara satu, merupakan siswa pertama dari sekolahnya yang meraih juara 1 tingkat nasional dalam LKS ke 28  untuk mata lomba “Marketing Online”.

Sebelumnya, kata Namiroh, siswa SMKN 1 pernah meraih juara harapan 3 pada lomba ‘Saya Jago Sales’ tahun 2018.

Berkat Suku Cadang Banten

Dalam LKS bidang marketing online, peserta diminta untuk mempromosikan web astraotoshop kepada para konsumen, terutama para pengguna media sosial, seperti tiktok, Instagram, posdcast dan website.

“Hal yang kami lakukan semua mengikuti perkembangan anak muda jaman sekarang yang aktif di media sosial. Untuk aplikasi yang saya gunakan untuk promosi itu menggunakan Instagram, anchoor, tiktok dan website,” terang Diana Safitri.

Ada beberapa tahapan dalam lomba tersebut, namun yang paling berkesan, masih  kata Diana, adalah tahap 4 dimana peserta harus bisa memainkan ekspresi, intonasi, mimik muka untuk 5 target audience yang akan di acak pada saat presentasi.

“Pada tahap pertama, kita harus menjelaskan dan menganalisis perusahaan Astraotoshop dengan teknik Bisnis Model Canvas (BMC). Untuk akun media sosialnya sendiri saya beri nama sukucadang_banten,” ujarnya.

Alhamdulillah,  saya bisa mencapai titik ini .  Ini adalah pengalaman  yang luar biasa,  semoga akan menjadi awal untuk menggapai mimpi. Tantangan yang akan datang akan lebih sulit. tapi, itulah jalannya.  Saya percaya, Walau sulit, jika berusaha  dan berdoa, pasti akan berhasil” imbuh Ratu Diana Safitri **(Nur/kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.