Benyamin Sueb di Google Doodle dan Dua Tahun Berdirinya Pusat Kebudayaan Betawi

Benyamin Sueb di Google Doodle hari ini, Selasa 22 September 2020. Tanggal yang sama ketika Anies Baswedan meresmikan taman yang namanya sama dengan tokoh ikonik Betawi itu.

benyamin sueb di google doodle
benyamin sueb di google doodle. Foto Wikipedia id

BantenTribun.id- Siapa yang tidak kenal dengan sosok Babe di Sinetron Legendaris RCTI, Benyamin Sueb. Peran Bang Ben di Sinetron SI Doel Anak Sekolahan sulit lepas dari ingatan banyak orang.

“Lu harus sekolah tinggi siapa tau lu jadi gubernur.” Ungkapan Babe dalam sinetron itu ternyata jadi kenyataan. Si Doel yang diperankan Rano Karno ternyata pernah menjabat sebagai Gubernur Banten, sebelum Wahidin Halim.

Sukses Benyamin Sueb di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan menjadi akhir karirnya.

Pasalnya aktor kelahiran Batavi 5 Maret 1939 meninggal disaat Sinetron itu masih booming. Bang Ben meninggal dunia pada 5 September 1995 di usia 56 tahun.

Namun sebagai seniman dan komedian Betawi. Kiprah Benyamin Sueb di dunia hiburan Indonesia dimulai jauh sebelum sinetron Si Doel sukses di televisi.

Benyamin Sueb terjun ke dunia musik Indonesia pada tahun 1950, dia menjadi anggto Melody Boys. Sebuah grup band yang terinspirasi dari musik mancanegara.

Kemudian, Bang Ben juga menulis lagu dengan tema dan syair ala budaya Betawi. Dan itu sukses dipasaran. Lagu-lagu seperti nonton bioskop, dan hujan grimis tak pernah hilang hingga kini. Bahkan banyak yang melakukan ‘remix dan remake. atas lagu itu.

Selain itu, Benyamin Sueb juga sukses merevitalisasi musik tradisional Betawi yakni gambang kromong melalui lagu-lagu khas betawi, Ondel-Ondel.

Sukses di dunia musik Benyamin Sueb merambah dunia akting di awal tahun 70an.

Ia membintangi film yang tak jauh dari tema dan latar betawi, seperti Banteng Betawi (1971), Biang Kerok (1972), Si Doel Anak Betawi dan Intan Berduri (1972). Dalam Intan Berduri, Benyamin Sueb bahkan mendapat penghargaan paling prestise aktor Indonesia, Piala Citra.

Taman dan Benyamin Sueb di Google Doodle

Kontribusi Benyamin Sueb untuk kebudayaa  betawi memang tak diragukan lagi. Pemeran Samson Betawi bahkan diabadikan dalam salah satu nama jalan di kawasan Kemayoran.

Selain itu, Benyamin Sueb di Google Doodle hari ini juga bertepatan dengan diresmikannya Pusat Budaya Betawi  oleh Anies Baswedan pada tangga 22 September 2018.

Taman Benyamin Sueb berlokasi di kawasan Jatinegara. Tepatnya di Jalan Jatinegara Timur, Jatinegara, Jakarta Timur.

Taman yang kini dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI itu menjadi ikon penting untuk mengenang perjuangan Bang Ben dalam melestarikan budaya Betawi.

Foto-Foto Bang Ben, pakaian, poster film hingga peninggalan sejarah lainnya ada di museum yang juga jadi pusat kebudayaan betawi itu. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.