Belum Teken MOU, Program Berobat Gratis Pake e-KTP Belum Berlaku di RSUD Berkah

 RSUD Berkah Pandeglang,belum bisa berlakukan berobat gratis dengan menggunakan e-KTP, karena belum meneken MOU- Firmansyah Direktur RSUD (foto-NG-BantenTribun)
RSUD Berkah Pandeglang,belum bisa berlakukan berobat gratis dengan menggunakan e-KTP, karena belum meneken MOU- Firmansyah Direktur RSUD (foto-NG-BantenTribun)

Program berobat gratis menggunakan KTP elektronik yang digagas Gubernur Banten, belum bisa diterapkan di RSUD Berkah Pandeglang. Pihak Rumah Sakit, mengaku belum meneken MOU dan belum ada kejelasan.

Pandeglang,BantenTribun.id – Program berobat gratis menggunakan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang digagas oleh Gubernur Banten Wahidin Halim sebulan yang lalu belum dapat diberlakukan di RSUD Berkah Pandeglang.

Padahal, program yang sempat mendapat tolakan dari Menteri Kesehatan (Menkes) itu akan sangat membantu masyarakat miskin di Pandeglang yang belum tercover oleh BPJS.

Direktur RSUD Berkah, Firmansyah, mengatakan belum dapat diberlakukannya program Gubernur tersebut lantaran pihak RSUD, belum meneken Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) ataupun BPJS.

Ya belum diberlakukan, kita kan belum melakukan MOU dengan Dinkes (Dinas Kesehatan), nanti, kalau sudah MOU baru kita berlakukan, kita juga kan belum tahu progresnya seperti apa,” ucapnya, Rabu (4/4/2018).

Firman mengaku pernah membahas MOU dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang. Lantaran peogram tersebut sempat ditolak oleh Menkes, sehingga MOU tersebut tidak diberlakukan. Namun setelah program tersebut dapat diberlakukan, pihaknya belum melakukan MOU.

“Dulu sudah pernah di bahas, kita sudah tandatangan MOU, kedepannya karena ada ha-hal tertentu kita belum berlakukan MOU itu, tapi yang sekarang belum MOU lagi, kita juga belum tahu MOU nya kemana, apa ke BPJS apa ke Dinkes,” ujarnya.

Menurut Firman jika program berobat gratis menggunakan e-KTP sudah di berlakukan, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ada kemungkinan akan di hapuskan oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Selain SKTM, Kartu Pandeglang Berkah yang digagas oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita ini tidak di fungsikan secara maksimal oleh Pemkab Pandeglang.

“Kalau dengan e-KTP bisa, SKTM mungkin dengan sendirinya akan hilang, kalau untuk yang Kartu Berkah masyarakat, tinggal pilih mau berobat pake e-KTP atau Kartu Berkah,” Jelasnya .

Masyarakat sangat berharap program berobat gratis dengan e-KTP ini segera bisa berjalan di RSUD Pandeglang.

“Mudah-mudahan saja cepat diberlakukan, biar masyarakat tidak mampu mudah dilayani saat berobat, tidak buat njlimet seperti program SKTM, atau lainnya,” kata Syafei, warga Ciekek Babakan Karaton, yang juga  Ketua RT 03 RW 06, kepada BantenTribun, Rabu, 4/4.*(NG/red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.