Begini Cara Mencegah Serangan Hacker Pada Smartphone

Cara mencegah serangan hacker pada smartphone mungkin banyak yang belum tahu, celah hacker bisa dari mana saja untuk masuk ke akun pribadi kita oleh karena itu harus selalu hati-hati dan waspada.

cara mencegah serangan hacker pada smartpone

BantenTribun.id- Dimasa pandemi dan adaptasi kenormalan baru, saat banyak transaksi di lakukan melalui daring, termasuk via handphone, maka saat itu pula lah serangan hacker pada smartphone dengan berbagai modus.

Muaranya tentu pada akses data pribadi, baik rekening maupun akun aplikasi  keuangan lainnya yang menyimpan uang digital.

Oleh karena itu perlu kewaspadaan lebih tinggi bagi pengguna smartphone, termasuk mengurangi celah masuknya serangan siber dari berbagai media.

Seperti ditulis cybersecurity hub, beberapa cara mencegah serangan hacker pada smartphone adalah sebagai berikut:

Mencegah Serangan Hacker Pada Smarphone Lewat Wifi

Saat ini wifi, hotspot atau acces point, berada di berbagai tempat, baik di fasilitas publik seperti ruang tunggu pasien, ruang tunggu kendaraan umum, atau mall atau bahkan di lapangan olahraga.

Wifi di tempat publik rawan di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, oleh karena itu lakukan langkah-langkah ini. Pertama, jangan biarkan smartphone melakukan auto join atau terhubung secara otomatis pada wifi yang belum dikenal, atau wifi yang Internet Protocolnya sudah ‘kotor’.

Kedua matikan akses wifi di smartphone jika sudah tidak digunakan lagi, dan berikutnya jangan pernah mengirimkan data pribadi yang sensitif seperti akun keuangan melalui wifi meski diyakini wifi itu aman.

Perhatikan Saat Unduh Aplikasi

Banyak aplikasi termasuk di Playstore google yang dipercaya membawa malware, untuk itulah google selalu mengumumkan secara rutin aplikasi apa saja yang dicurigai membawa malware dan virus.

Oleh karena itu, cara mencegah serangan hacker pada smartphone dilakukan dengan mengunduh aplikasi dari official resmi penyedia aplikasi, kemudia jangan mendownload aplikasi dari browser, serta pikirkan kembali bila harus mendownload aplikasi dari developer yang tidak kredibel atau mendapat banyak review negatif dari penggunanya.

Langkah berikutnya adalah aplikasi yang di download harus terus diupdate sehingga selalu berada di versi terbaru. Update versi biasanya mengakomodasi penangan beberapa virus atau malware yang masuk.

Selain itu, bila aplikasi tersebut sudah dihapus oleh playstore, atau apps store maka segera di hapus dari dashboard smartphone kita.

Jangan lupa juga untuk tidak mengirimkan data-data pribadi yang penting dalam aplikasi yang kita download.

Browser

Perhatikan browser yang digunakan, pakai selalu browser yang sudah dikenal aman dan memperhatikan keamanan pengguna. Selain itu, perhatikan website yang dibuka, apakah sudah menggunakan secure socket layer (SSL) atau https apa belum.

Mozzila dan Google Chrome biasanya akan memberi peringatan pada pengguna bila ada website yang dicurigai akan melakukan pencurian data dan phising pada data pengguna.

Berikutnya perhatikan selalu untuk log out atau keluar dari akun pribadi seperti gmail, bila browser sudah selesai digunakan.

Bluetooth

Blueetooth bagi peretas juga bisa menjadi jembatan untuk menembus akun pribadi seseorang oleh karena itu, selalu matikan bluetooth bila tidak digunakan, jangan biarkan ia menyala di tempat publik.

SMISHING (SMS Phising)

Phising adalah upaya peretas untuk mengelabui pengguna smartphone yang bertujuan untuk mencuri data-data pribadi pengguna.

Saat ini metode ini menjadi sering dilakukan, baik pada aplikasi pesan SMS, Whatsapp maupun Facebook Messenger.

Jangan percayai sms atau pesan yang meminta data pribadimu diungkap, dan selalu berhati-hati saat pesan sms, Whatsapp atau Facebook meminta kita untuk mengklik sesuatu yang belum kita ketahui.

Visihing (Video Phising)

Selain melalui pesan, phising juga dilakukan melalu permintaan panggilan suara atau email, oleh karena itu cara mencegah serangan hacker melalui suara, jangan pernah kita merespon panggilan atau pesan yang ujungnya meminta data pribadi, apalagi dari sumber yang tidak dikenal. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.