bagaimana Cara Membersihkan Masker Kain yang Tepat?

Membersihkan masker kain, menjadi hal yang tak boleh dilupakan oleh penggunanya, jika tak ingin penularan terjadi ditempat yang tidak diinginkan.

Masker kain, menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dunia. Benda itu menjadi instrumen penting untuk mencegah penularan virus corona yang masih eksis bahkan di beberapa daerah masif.

membersihkan masker kain
Foto: Pexels

BantenTribun.id- Seperti diketahui, penularan virus corona berasal dari drop let, atau cairan yang keluar dari mulut baik saat batuk, bersin atau berbicara.

Kemudian jika orang lain atau lawan bicara berada di jarak dekat – tidak sesuai protokol – lalu tetesan atau drop let itu menempel pada mata atau hidungnya, maka kemungkinan besar mereka juga bakal terinfeksi virus itu.

Masker yang dipakai, bisa juga berpotensi menularkan virus.  Misalanya, jika anda yang memakai masker, tanpa sadar termasuk OTG (Orang Tanpa Gejala).

Kemudian masker yang telah anda gunakan itu disimpan ditempat cucian kotor. Lalu tersentuh oleh istri saat membersihkan pakaian, dan istri lupa mencuci tangan.

Selanjutnya tanpa sadar istri anda menyentuh area mata, hidung, atau mulut. Maka sangat mungkin ia tertular virus dari masker yang telah anda gunakan.

Untuk alasan tersebut, maka penting bagi kita, setelah mengguakan masker segera dibersihkan dan disanitasi secara teratur, jika perlu dipisahkan dari pakaian lain dari anggota keluarga.

Cara Membersihkan Masker Kain

Seperti ditulis laman healthline, Debra Goff, PharmD, FIFSA, FCCP, seorang spesialis penyakit menular di Pusat Medis Universitas Wexner, Ohio, Amerika Serikat. Menyatakan bila masker kain, bandana, syal atau semua jenis kain yang kini digunakan sebagai masker, dapat dibersihkan dan digunakan kembali.

Debra mengatakan, sebelum anda mencuci masker, anda harus mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian lepaskan masker dari ikatan di leher atau area kepala anda. Hati-hati memegang hidung, mata atau mulut dimomen ini.

Selanjutnya segera cuci masker kain menggunakan mesini cuci. Lalu jangan lupa cuci tangan kembali setelahnya.

Debra yang juga seorang profesor farmasi itu, juga merekomendasikan penggunaan air hangat dan deterjen biasa ditambah pemutih untuk membersihkan masker kain. Setelah dicuci segera keringkan.

Sementara bagi anda yang berencana membersihkan masker dengna tangan, alias dibilas. Maka Debra menyarankan agar mengikuti prosedur yang sama saat melepas masker.

Selanjutnya, rendam makser dalam cairan disinfektan, seperti pemutih, untuk kemudian bilas hingga bersih dengan air. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.