Babak Baru Tata Kelola Pemerintahan, Pandeglang Langsung Raih Predikat Baik

SPBE Pandeglang
Tanto Warsono Arban (Wabup Pandeglang) saat menerima penghargaan Evaluasi SPBE

Bagi Pandeglang, Penghrgaan ini tentu menjadi babak baru sekaligus pekerjaan rumah, dibalik upaya dalam mengembangkan teknologi informasi,

Pandeglang, BantenTribun.id– Berawal dari hadirnya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik (SPBE), yang merupakan babak baru dalam tata kelola dan manajemen pemerintahan, maka berdasar Peraturan itu, maka setiap instansi pemerintah wajib menerapkan SPBE atau yang lazim di kenal dengan istilah e-Government.

Perpres 95 Tahun 2018, pula yang membuat tim evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beserta tim dari Univeristas Gunadarma hadir ke Kabupaten Pandeglang dan daerah lain di Banten untuk melakukan evaluasi.

Alhasil, secara mengejutkan Pandeglang menjadi satu dari tiga yang mendapat predikat baik dengan poin 3,2 dari poin maksimal 5. Dua kabupaten lainnya adalah Batang dan Kabupaten Banyuwangi.

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban yang menerima langsung penghargaan tersebut di Hotel Bidakara, Kamis (28/3) mengaku bersyukur atas raihan Kabupaten Pandeglang dalam urusan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik tersebut.

“ini adalah capaian luar biasa, dimana Kabupaten tertinggal seperti Pandeglang ternyata sudah melek teknologi.” Ujar Tanto.

Hanya 13.3 Persen SPBE di Instansi Pemerintah dengan Predikat Baik

Dilansir dari laman Kemenpan, pada tahun 2018 hanya sekitar 13.31 persen, atau sebanyak 82 instansi pemerintah yang mendapat predikat baik untuk evaluasi SPBE. Sedangkan 534 instansi pemerintah atau 86.69 persen masih berpredikat cukup dan kurang.

Beradasar laporan tersebut, Kemenpan mengakui bila capaian tersebut jauh dari target. Kendati begitu Kementerian itu berharap bila tahun 2020 nanti makin banyak instansi pemerintah yang mendapat predikat baik atau mencapai indeks 2.6.

Tim dari Diskomsantik dan Setda Pandeglang bersama Wabup setelah menerima penghargaan SPBE

Babak Baru dan Pekerjaan Rumah

Hasil evaluasi SPBE kepada instansi pemerintah baik Kementerian, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota, diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

JK, dalam kesempatan tersebut mengakui bila penggunaan teknologi informasi sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. Ada banyak kemudahan dan perubahan budaya akibat adanya teknologi. JK juga mengisahkan, bila dulu orang harus mengantri di Bank, sekarang perlahan banyak orang beralih, bila urusan dengan perbankan, cukup dengan genggaman tangan.

Senada dengan JK, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, mengakui bila teknologi informasi akan memberikan kemudahan untuk masyarakatnya.

Tanto menyatakan bila SPBE dapat meningkatkan efesiensi dan efektivitas terutama dalam masalah penganggaran atau e-budgeting. “Jika sudah berbasis elektronik tentu seluruh proses akan terintegrasi jadi akan lebih mudah untuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pertanggungjawaban.” Tegas Tanto.

Bagi Pandeglang, tentu ini menjadi babak baru sekaligus pekerjaan rumah, dibalik upaya dalam mengembangkan teknologi informasi, terutama meningkatkan impresi implementasi SPBE bagi masyarakatnya. (adv / humas pandeglang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.