Adaptasi Kenormalan Baru, Peran Diskomsantik Makin Terasa

Pandemi Covid-19 dan kini menghadapi “Adaptasi Kenormalan Baru (AKB)” Peran Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Kabupaten Pandeglang makin terasa.

adaptasi kenormalan baru
Ir. Girgijantoro, Kadiskomsantik Kabupaten Pandeglang, pihaknya siap menghadapi adaptasi kenormalan baru (foto-BantenTribun)

Pandeglang, BantenTribun.id– Pandemi Covid-19 telah merubah banyak hal sendi kehidupan masyarakat, termasuk pola kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pandeglang.

Saat ini rapat virtual, serta penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik menjadi hal yang lazim dilakukan ASN di masa adaptasi kenormalan baru. Diskomsantik Pandeglang memiliki peran penting dalam hal itu.

Hampir setiap rapat virtual selalu melibatkan Diskomsantik Pandeglang, terutama untuk rapat dengan jumlah peserta yang banyak.

Terakhir atas permintaan Badan Kepegawaian Daerah, Dinas yang belum lama berdiri itu sukses menggelar sumpah ASN dengan peserta hampir 300 orang di Ruang Pintar. Sumpah ASN yang baru pertama kali digelar virtual di Pandeglang di masa adaptasi kenormalan baru.

“Hampir semua rapat dengan kementerian atau pemerintah pusat, sekarang kerap dilakukan secara virtual, dengan aplikasi zoom. Kita juga sudah sukses menyelenggarakan sumpah jabatan ASN secara virtual, dengan jumlah peserta sebanyak 300 orang. Ini yang pertama kali, kalau dengan  jumlah 100 peserta kita sudah sering adakan dengan OPD lain,” kata Kepala Dinas Komsantik, Ir.Girgijantoro, kepada BantenTribun, Selasa,23 Juni 2020.

Selain berperan vital dalam penyelenggaraan rapat virtual di Pandeglang, Diskomsantik juga menjadi bagian penting dari kampanye penanganan dan pencegahan Covid-19 di Pandeglang.

Berbagai literasi digital serta informasi terupdate soal perkembangan penularan Covid-19 telah dishare melalui website, dan sosial media. Kadis berharap sosialisasi tersebut berdampak pada kesadaran masyarakat untuk beradaptasi terhadap kenormalan baru atau New Normal.

“Literasi dan kesadaran masyarakat Pandeglang sebetulnya terus meningkat, meskipun kadang masih harus diingatkan dan ditingkatkan. Contohnya ketika minggu pagi banyak warga Pandeglang yang berolahraga di sekitar Alun-alun, tapi tetap masih ada saja yang tidak memakai masker,” terangnya.

Soal literasi, kadis menyadari saat ini dinasnya tidak memiliki anggaran yang cukup untuk menyebarkan informasi lebih merata. Oleh karenanya ia berharap ada dukungan dari semua pihak, termasuk para kaum milenial untuk mengkampanyekan penanganan dan pencegahan Covid-19.

Saat ini Kominfo, Bagian Humas Setda dan pengelola sosmed / influencer di Pandeglang telah berkolaborasi untuk menyampaikan literasi Covid-19.

“Diskomsantik sudah melakukan kolaborasi antara dengan humas dan pengelola sosial media seperti Info Pandeglang, Irna center, dan kalangan milenial lainnya,” kata Girgi.

Selain memberdayakan anak-anak muda pengelola sosmed atau influencer, Kadiskomsantik juga menyatakan pihaknya telah memanfaatkan Videotron yang berdiri di depan Bale Budaya sebagai media memperluas informasi, termasuk tentang Covid-19.

“Videotron yang terpasang di depan Bale Budaya, itu milik LKBN Antara. Kita bisa ikut memanfaatkannya karena kita memperoleh space sebesar 40 persen. Kita sudah lakukan untuk menyampaikan pesan-pesan pencegahan dan penanganan covid-19,” jelasnya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk membenahi kesadaran masyarakat dan ASN terhadap penggunaan teknologi informasi mendukung Adaptasi Kenormalan Baru (AKB).

Namun disisi lain, Kadis mengakui saat ini Diskomsantik tidak memiliki SDM yang memadai untuk meraih target yang ditetapkan, ia pun terus berkomitmen mengembangkan SDM yang ada, termasuk meminta tambahan SDM baru melalui usulan ke BKD.

“ Diskomsantik akan  mendapatkan 2 orang CPNS yang sudah lolos tes kemarin, Mereka berasal dari bidang dan disiplin ilmu yang sesuai dengan kebutuhan dinas. Jika harus meminta tambahan tenaga honorer dari OPD lain, sepertinya OPD lain pun mengalami hal yang sama. Mudah-mudahan dengan adanya tambahan 2 pegawai nanti semakin meningkatkan kinerja Diskomsantik,” kata Girgijantoro dari ujung telepon. (Adv/ Diskomsantik/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.