7 Cara Mendapat Pelanggan Pertama, Tips Dari Ahli

Cara Mendapat Pelanggan Pertama: “Jika produk anda tidak memberikan solusi bagi pelanggan, mereka akan mencari produk lain untuk membeli atau menginvestasikan.” Ungkap Wells pada laman Inc

cara mendapat pelanggan pertama
cara mendapat pelanggan pertama. Foto/Pexels

BantenTribun.id- Di masa pandemi ide-ide bisnis terus bermunculan seiring makin sulitnya mendapat pekerjaan. Banyak generasi milenial membangun ide-ide bisnis yang keren atau kalangan milenial menyebutnya new born Start Up.

Sayangnya, pertumbuhan positif itu tidak selalu mulus dalam perjalanan, tidak sedikit orang yang baru memulai bisnis bingung untuk mendapat pelanggan pertamanya.

Belum lagi, sebagai pemula, mereka juga akan dihadapkan pada kompetitor yang sudah merasakan asam garam dunia bisnis. Terutama bagi pebisnis pemula yang memilih niche dengan banyak pemain.

Sadar akan kondisi tersebut, para ahli merekomendasikan 7 cara mendapat pelanggan pertama bagi pebisnis pemula atau start up sebagai berikut.

Pahami Profil Pelanggan

Pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan produk atau jasa dari start up anda akan fokus pada pelanggan seperti apa? bagaimana segmentasi, target dan positioning pelanggan anda nantinya.

Setelah itu, anda harus tahu profil pelanggan anda nantinya. Tentang siapa mereka, dimana mereka biasa nongkrong, masalah seperti apa yang akan anda tawarkan solusinya dan hal-hal lain termasuk pengalaman pahit atau menyenangkan dari produk sejenis.

Bergabung Dengan Forum Online Calon Pelanggan

Samuel Timothy salahsatu pendiri perusahaan OneIMS merekomendasikan anda untuk mengunjungi dan bergabung dengan forum online dari profil calon pelanggan anda.

Namun dalam forum itu anda tidak disarankan untuk langsung menjual atau menawarkan produk yang anda miliki, tapi mencoba membantu memberi saran, rekomendasi dan sebagainya.

Baru setelah ada keterikatan anda bisa perlahan-lahan menawarkan produk baik langsung maupun melalui link yang terhubung dengan website atau market online anda.

Selanjutnya anda juga bisa mempertimbangkan iklan melalui platform sosial media atau mesin pencari. Pertimbangkan mana yang efektif secara konversi dan efisien secara biaya.

Cara Mendapat Pelanggan Pertama, Identifikasi Masalah Dengan Akurat

Stephen Wells dari CTO Formidable Forms mencatat salahsatu fokus untuk mendapat pelanggan pertama adalah dengan tepat menjawab masalah yang mereka hadapi, dan solusinya adalah produk yang anda tawarkan.

“Jika produk anda tidak memberikan solusi bagi pelanggan mereka akan mencari produk lain untuk membeli atau menginvestasikan.” Ungkap Wells pada laman Inc.

Bergabung dalam Forum Bisnis Sejenis

Terhubung dengan Pengusaha Lain, disini anda akan mendapat banyak ilmu, dan pelajaran. Saat ini sudah banyak para pengusaha yang siap berkolaborasi dengan perusahaan rintisan baru, dan banyak juga yang mau berbagai fail dan succes storynya. Maka jangan ragu untuk bergabung.

Sosial Media

Cara mendapat pelanggan pertama dengan sosial media, menurut Kimberly Marquet dari Marquet Media adalah cara yang terbaik saat ini.

Instagram, TikTok, Facebook, Pinteres, Twitter adalah bagian dari sosial media dimana anda bisa membangun engangement dengan pelanggan. Jika produk anda dan konten yang anda tawarkan menarik bagi pengguna sosial media, tinggal tunggu waktu untuk meraih kesuksesan.

Namun harus juga dicatat, meraup enggagement dari sosial media tidak selalu mudah dan berjalan mulus. Ada effort, waktu, tenaga, pikiran bahkan biaya. Tapi tenang saja, akan Worthed pada waktunya.

Layanan Gratis Dengan Imbalan Testimoni

Testimoni dan rekomendasi adalah bagian penting dari proses tumbuhnya sebuah bisnis baru. Pembeli, pengguna jasa atau investor saat ini lebih cerdas dalam mengeluarkan uang.

Testimoni yang asli bukan tipu-tipu akan memberi kekuatan dan daya tarik lebih pada produk. Tidak ada salahnya anda memberikan layanan atau produk secara gratis untuk kemudian pengguna memberi rekomendasi terhadap produk itu.

Ini dipercaya bisa mempengaruhi pelanggan baru untuk memutuskan membeli atau menggunakan produk anda.

Mulai Dari Yang Terdekat

Disinilah pentingnya keluarga, teman, sahabat, saudara mereka wajib jadi yang pertama untuk tahu kualitas produk anda, dan mereka akan dengan suakrela mempromosikan pada yang lain tentunya jika produk itu worthed dan berkualitas. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.