4 Pejabat Kemendagri Jadi Pjs Gubernur, Siapa Saja?

Pjs Gubernur untuk 4 Provinsi telah ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Keempat Pejabat itu merupakan entitas Kemendagri yang dianggap Tito mampu mengemban amanah.

pjs gubernur
Foto: Kemendagri

BanetnTribun.id– Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mulai memasuki babak baru dimana bakal pasangan calon petahana harus melepas masa jabatannya dan akan digantikan oleh Pejabat Sementara (Pjs).

Empat Provinsi, yakni Sulawesi Utara, Jambi, Kepulaua Riau dan Kalimantan Utara termasuk dalam daerah yang akan menggelar pilkada.

Terkait hal itu, Kementerian Dalam Negeri telah menunjuk 4 Pejabatnya untuk ditempatkan sebagai Pejabat Sementara di 4 Provinsi itu.

“Pak Menteri sudah resmi menunjuk 4 Pejabat di lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai Pjs gubernur di 4 Provinsi yang akan menggelar pilkada itu.” Ungkap Benni Irwan, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri dalam rilis resmi, Jum’at (25/9).

Salahsatu pejabat Kemendagri yang akan menjadi Pjs Gubernur dalah Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar. Ia akan menjabat sebagai Pjs Gubernur Kepulauan Riau.

Dasar penunjukan Bahtiar sebagaimana tertulis dalam Keputusan Mendagri Nomor 121.21-911 Tahun 2020. Tentang Pejabat Sementara Gubernur Provinsi Kepri.

Sementara untuk Pjs Gubernur Sulawesi Utara, Mendagri menunjuk Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Agus Fatoni.

“Pa Agus akan jadi Pjs Gubernur Sulawesi Utara.” Ungkap Benni.

Selanjutnya, untuk Provinsi Jambi, Pejabat Sementara Gubernur yang ditunjuk adalah Restuardy Daud.

Putra mantan Sekretaris Daerah Sulawesi Utara Arsad Daud SH itu ditunjuk berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 121.15-2913 Tahun 2020.

Satu Provinsi lagi yakni Pejabat Sementara Gubernur Kalimantan Utara, Mendagri menunjuk Teguh Setyabudi.

“Pak Mendagri juga menunjuk Kepala Badan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri DR. Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd Sebaga Pjs Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara). Imbuh Beni.

Pjs Gubernur Diminta Pastikan Pilkada Aman Dari Covid 19

Usai menunjuk 4 Pjs Gubernur, Mendagri Tito Karnavian meminta mereka (Pjs) untuk mengawal Pilkada agar aman dari Covid 19.

“Ditengah situasi pandemi  saya minta Pjs yang ditunjuk segara berkoordinasi dengan forkopimda setempat dan semua stake holder. Anda harus bisa bisa menjadikan Pilkada ini tidak menjadi media penularan Covid 19.” Ungkap Mendagri, saat penyerahan SK Penunjukan Pjs di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemengadri.

Lebih lanjut Mendagri juga menegaskan Penanganan Covid 19 dan dampak sosial eknominya akan menjadi tema sentral Pilkada kali ini.

“Saya berharap para calon kepala daerah berani adu gagasan dan adu berbuat dalam menghadapai Covid 19.” Pungkasnya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.