11 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Demam Dan Cara Meredakannya

Demam dimasa pandemi seperti sekarang menjadi hal menakutkan dan membuat panik. Hal itu karena demam dikaitkan dengan infeksi Covid 19.

demam

BantenTribun.id- Setiap orang akan khawatir bila merasakan gejala yang tidak normal dalam tubuh. Termasuk demam.

Apalagi di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang. Demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius menjadi indikator awal seseorang terjangkit virus itu. Padahal tidak selamanya benar.

Melawan Infeksi

Memang benar, Demam merupakan indikator bila tubuh anda sedang terkena infeksi. Tapi sekali lagi belum tentu hal itu karena Covid 19. Namun tidak ada salahnya berhati-hati.

Dilansir dari laman Health. Tubuh dengan suhu normal menjadi wahana menyenangkan untuk bakteri dan virus jahat. Kenaikan suhu tubuh akan membuat virus dan bakteri jahat itu tidak nyaman.

Selain itu, demam juga dapat mengaktifkan sistem imun, atau kekebalan tubuh. Dan pada dasarnya hal itu pertanda bila tubuh anda dalam keadaan baik. Artinya dapat melawan infeksi virus atau bakteri.

Cek Suhu Tubuh

Jika anda merasa suhu tidak normal, segera cek dengan termo meter. Ukur suhu badan anda. Saat ini alat pengukur suhu sangat beragam dan mudah didapat. Bukan hanya termometer biasa yang disimpan di mulut atau ketiak. Anda bahkan bisa membeli thermo gun, atau alat pengukur suhu lainnya.

Perbanyak Minum Air

Demam terkait erat denga dehidrasi. Maka anda akan melihat bibir kering dan pecah-pecah saat demam. Itu tandanya tubuh anda kurang cairan. Segelas air putih, the manis atau sup ayam cukup baik untuk mengurangi dehidrasi.

bagi anak, Dokter mungkin akan merekomendasikan pada mereka untuk diberikan larutan elektrolit seperti yang dikenal dulu dengan Oralit.

Makan, Tapi Jangan Dipaksa

Lazim diketahui, saat tubuh anda melawan infeksi dengan demam. Ada risiko lain yang biasanya menyertai. Biasanya rasa mual dan sakit perut menjadi bagian dari itu.

Dr. Ferrer seorang tenaga kesehatan di pusat Medis Aventura menjelaskan, tak ada salahnya makan untuk menambah asupan gizi dalam perut. Tapi jangan dipaksa.

Menurutnya semangkuk sop ayam hangat dan beruap sangat baik untuk membantu meredakan demam.

“Sop ayam memang bukan obat. Tapi ia mampu memperlambat pergerakan sel darah putih dan melawan infeksi. Sop Ayam juga bisa meringankan gejala pernapasan bagian atas.” Ungkap Dr Ferrer.

Demam dan tetap tenang

Menurut Dr Ferrer, belum ada kajian ilmiah yang menyatakan bila berselimut rapat lalu anda berkeringat memiliki manfaat.

Rasa tenang malah bisa jadi solusi. Bila anda atau anggota keluarga anda mengalami demam. Kompres di leher, ketiak atau dahi bisa dilakukan. “Hal itu dapat membantu mendinginkan kulit melalui penguapan.” Ujar Dr. Ferrer.

Istirahat

Istirahat juga menjadi solusi baik untuk meredaka demam. Saat tubuh anda melawan infeksi virus atau bakteri. Berilah ia kesempatan melawan dengan kekuatan maksimal.

Untuk itu, memejamkan mata dan berbaring membuat tubuh anda akan punya daya lebih untuk melawan bakeri atau virus jahat itu.

Obat Pereda 

Menuruth laman Health. Ibuprofen dan acetaminophen adalah dua kandungan yang ampuh meredakan demam. Bagi orang dewasa, Aspirin juga efektif meredakan suhu tubuh tinggi itu.

Hanya saja, untuk anak, anda harus hati-hati. Pastikan dosis sesuai dengan apa yang disarankan dokter. Usia, dan berat badan anak juga jadi pertimbangan.

Jika Terjadi Pada Bayi Segera Tangani

Menurut Dr Ferrer perlakuan penderita penyakit itu pada bayi berbeda. Jangan samakan dengan orang dewasa.

“Bayi sangat rentan dehidrasi.” Ungkapnya.

Oleh karena itu, bila bayi anda menderita demam. Terutama untuk bayi di bawah 1 tahun, segera bawa ke dokter untuk mendapat perlakuan yang tepat.

Waspada Kejang Pada Anak

Demam tinggi pada anak, juga berbahaya bila lambat mendapat penanganan. Ada sebagian anak yang punya risiko kejang, dan itu bisa mempengaruhi kondisi tubuh di masa depan.

Belum lagi, beberapa anak juga kerap mengalami halusinasi bila suhu tubuhnya tidak normal alias sangat tinggi.

Anda Juga

Pada orang dewasa, bila kondisi suhu tinggi tubuh tak juga reda setelah mendapat penanganan pertama. Maka tidak ada salahnya untuk segera ke dokter. Bisa jadi hal itu terkait dengan penyakit lain yang ada ditubuh.

Perawatan Darurat

Perawatan darurat menjadi perlu bila suhu tinggi tubuh anda disertai dengan batuk berdarah, atau membuat sesak nafas. Sesak nafas parah, bisa pertanda kurang baik, dan harus segera mendapat perawatan darurat. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.