Wisata Pulau Tunda, Pulau Kecil nan Elok di Utara Teluk Banten

Pulau Tunda
Pulau Tunda

Jangan ditunda atau menunggu cairnya “tunda”, segeralah berkunjung ke Pulau Tunda, salah satu destinasi wisata yang memanjakan para wisatawan domestik maupun luar. Sebuah pulau kecil di utara Teluk Banten ini bisa jadi pilihan traveler yang ingin berlibur dengan sanak saudara, pasangan, ataupun sendiri, dan menikmati kecantikannya.

Serang, BantenTribu.id – Letak Pulau Tunda tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Provinsi Banten. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang.  Luas pulau ini sekitar 300 hektar dengan pemandangan yang sangat cantik nan indah. Di pulau ini juga terdapat satu desa yaitu Desa Wargasara.

Desa wargasara ini konon merupakan sebuah desa yang taat hukum. Nama Wargasara sendiri pertama kali diberikan oleh salah satu tokoh masyarakat yang saat ini sudah almarhum, yaitu H Mohammad Toha, yang menjabat sebagai Kepala Desa dulu.

Pulau Tunda menyimpan potensi wisata yang menarik. Keindahan pantai dan lautnya belum dieksplore lebih jauh. Padahal kegiatan berlayar dengan pemandangan laut ditemani munculnya lumba-lumba, memancing, snorkeling, diving, melihat sunset dan sunrise adalah potensi wisata yang menarik, khususnya wisata bahari.

Untuk mencapai Pulau Tunda, wisatawan luar Banten bisa melakukan perjalanan melalui Tol bagi dan keluar di pintu Tol Serang Timur. Dilanjutkan ke dermaga kecil bernama Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Dari Karangantu, wisatawan bisa menggunakan perahu kayu milik nelayan setempat untuk menuju ke Pulau Tunda. Panorama laut nan biru dan alunan ombak yang mengayun menemani perjalanan pelancong. Lama perjalanan mengarungi lautan sekitar dua jam karena kapal berlayar agak lambat.

Jadi, jangan tunda untuk segera bertandang menikmati kecantikan “Pulau Tunda” (oki/kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.