Wisata “Pulau Empat” Daya Tariknya Memikat Pengunjung

Destinasi wisata Pulau Empat yang mempesona (foto-Fz-BantenTribun)

Destinasi wisata Pulau Empat yang mempesona (foto-Fz-BantenTribun)

Pulau ini awalnya disebut Pulau Pamujan Kecil. Keindahan alamnya yang mempesona, menjadi daya tarik yang mampu memikat pengunjung untuk bertandang. Di pulau ini, kita juga bisa menapaki jembatan kasih sayang.

Serang,BantenTribun.id – Lokasi wisata di Provinsi Banten terbilang sangat lengkap.
Pulau-pulau kecil menawarkan keindahan yang begitu mempesona. Pulau Empat salah satunya. Dari Kota Serang, Pulau Empat kira-kira berjarak sekitar 15,3 kilometer.

Pulau Empat awalnya disebut sebagai Pulau Pamujan Kecil. Namun setelah munculnya pulau kecil di dekatnya yang disebut dengan Pulau Lima, pulau ini kemudian lebih banyak disebut sebagai Pulau Empat oleh warga sekitar. Mengikuti pula pulau di dekatnya yaitu Pulau Mojan Besar sebagai Pulau Tiga.

“Pulau ini sering kami sebut pulau empat, karena memang pulau ini dikelilingi pulau lainnya, dan berurutan jadi pulau ke 4,” Ujar Nazdi Arifin pengunjung yang sering berwisata kepulau empat, Sabtu, (06/10).

Pulau ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pulau Tiga, yang didominasi oleh karang-karang laut. Terletak di sekitar kawasan teluk Banten, luasnya hanya sekitar 2 hektare.

Jika ingin berangkat ke Pulau Empat, para pengunjung harus ke Pelabuhan Karangantu terlebih dulu. Disana ada dermaga kapal yang sering menyewakan kapalnya untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Empat atau pulau lainnya.

Pulau kecil nan indah ini tidak berpenghuni tetap. Saat mengunjunginya, anda akan merasa seperti memiliki pulau pribadi bersama sanak famili atau teman-teman.

Selain terdapat gazebo-gazebo untuk tempat beristirahat, di atas pulau ini juga terdapat sebuah hutan dan semak yang masih terjaga keasriannya. Para pelancong bisa melihat penghuni-penghuni asli Pulau Empat yakni monyet-monyet yang kerap berkeliaran di sekitar hutan dan pantai.

Sebagaimana pulau-pulau lainnya, Pulau Empat juga menawarkan panorama yang sangat indah baik alam maupun buatan manusianya. Dari panorama alamnya tentu saja tidak usah diragukan lagi, air laut yang jernih, ekosistem bawah laut yang menawan, dan gulungan ombak yang memikat menjadi keunggulan Pulau Pamujan Kecil ini. Jembatan kasih sayang adalah salah satu spot buatan pengelola pulau, yang juga menjadi salah satu tempat yang cocok untuk swafoto.

Untuk menuju ke pulau ini, anda tidak perlu bingung karena rutenya hampir sama dengan perjalanan menuju ke Pulau Tiga. Kita hanya perlu untuk menuju ke Pelabuhan Karangantu yang juga tidak terlalu jauh dari Kota Serang. Kemudian, dilanjutkan menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit untuk bisa tiba di Pulau Empat. (Fz/kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.