Universitas Al Qasimia (UEA) Tawarkan Beasiswa Penuh bagi Pelajar Indonesia

Universitas Al Qasimia (UEA)

Universitas Al Qasimia (UEA)Universitas Al Qasimia, Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA), kembali menawarkan beasiswa penuh bagi pelajar Indonesia yang ingin menimba ilmu di sana.

BantenTribun.idPendaftaran telah dibuka secara online sejak 16 September 2018, melalui website resmi Universitas Al Qasimia, ‪http://www.alqasimia.ac.ae/en/Pages/Online-Registration.aspx

Kali ini, Universitas Al Qasimia menawarkan beasiswa penuh bagi pelajar Indonesia yg ingin melanjutkan studi S-1 (Bachelor Programs) di Fakultas Syariah dan Studi Islam, Seni dan Humaniora, Ekonomi, dan Al Quran.

Info lebih lanjut terkait program tersebut dapat diperoleh dengan menghubungi kbriabd@indonesianembassy.ae (alamat email Kedutaan Besar Indonesia di Abu Dhabi).

Bisa juga dengan menghubungi Kedutaan Besar UEA di Jakarta melalui alamat email jakartaemb@mofa.gov.ae atau jakartacvo@mofa.gov.ae.

Sudah 3 Tahun

Universitas Al Qasimia terletak di Kota Sharjah, UEA. Ia diresmikan tiga tahun silam, tepatnya pada 15 April 2015.

Sejak saat itu, Universitas Al Qasimia selalu memberikan beasiswa penuh program Bachelor (S-1) bagi para mahasiswa yang berdomisili di luar UEA, termasuk Indonesia.

Pendaftaran untuk program tersebut diadakan dua kali setahun, yakni di musim gugur dan semi. Pendaftaran secara online hanya dibuka selama satu bulan pada kedua musim tersebut.

Masa perkuliahan yang harus ditempuh dalam program Bachelor itu adalah 4 tahun (8 semester), di luar kursus intensif bahasa Arab.

Beasiswa yang diberikan mencakup:

  1. Biaya kuliah
  2. Buku pelajaran
  3. Asuransi kesehatan
  4. Asrama
  5. Uang saku (sudah termasuk biaya makan)
  6. Tiket pulang-pergi setiap 2 tahun sekali selama nilai bisa dipertahankan di atas 2.00
  7. Visa pelajar dan Emirates ID

Syarat Melanjutkan Beasiswa

  1. Melanjutkan registrasi di tiap semester dan tidak terputus.
  2. Rata-rata nilai semester (IPK) tidak kurang dari 2.00 atau 70% untuk tetap mendapatkan beasiswa. Bila nilai tidak mencapai batas yang ditentukan, mahasiswa akan dikeluarkan dari universitas.
  3. Beasiswa telah meng-cover secara menyeluruh keperluan dalam belajar, sehingga mahasiswa dilarang bekerja selama mereka belajar di universitas.
  4. Beasiswa bagi yang mengikuti Bahasa Arab Intensive harus melalui program ini (lulus) dalam kurun waktu maksimal satu tahun akademik. Apabila tidak lulus, maka akan dikeluarkan.
  5. Mahasiswa sepenuhnya harus mengikuti tata tertib dan peraturan dari pihak universitas.
  6. Mahasiswa tidak diperbolehkan meninggalkan universitas (berhenti) tanpa izin dan sepengetahuan pihak universitas.
  7. Mahasiswa harus berkomitmen untuk mendapatkan nilai yang sudah ditentukan.

Syarat Pendaftar

  1. Nilai rata-rata kelas akhir minimal 70% atau 7.00 atau 70.00 untuk seluruh program yang disebut di atas.
  2. Nilai rata-rata kelas akhir minimal 75% atau 75.00 atau 7.5 bagi pendaftar yang memiliki ijazah jurusan keagamaan atau pondok pesantren untuk program Sharia and Islamic Studies dan The College of Holy Quran.
  3. Nilai rata-rata kelas akhir minimal 80% atau 80.00 atau 8.0 bagi pendaftar yang memiliki ijazah jurusan ekonomi untuk program College of Economy & Management.
  4. Seluruh pendaftar harus punya bukti bahwa dia telah melalui jenjang pendidikan atas (SMA/sederajat) selama 3 tahun (yaitu kelas 10, 11, dan 12) untuk KMI (4, 5, 6 atau 3 Int, 5, 6).

Ketentuan Umum

  1. Pendaftar harus mengisi formulir pilihan jurusan yang mereka inginkan.
  2. Mahasiswa yang diakui akan dialokasikan berdasarkan pilihan jurusan dan berdasarkan ketersediaan bangku dalam setiap jurusan.
  3. Pendaftar harus mendapatkan pengakuan penyetaraan ijazah SMA/sederajat dari Menteri Pendidikan UEA apabila ijazah tersebut dikeluarkan di luar UEA (pihak universitas akan mempersiapkan prosedur yang diperlukan untuk masalah ini tapi pemohon harus membiayai sendiri).
  4. Mahasiswa yang mempunyai Riwayat Kelakuan Buruk atau alasan akademik dan dikeluarkan sekolah/universitas tertentu tidak akan diterima di Universitas Al Qasimia.
  5. Menyelesaikan jenjang pendidikan (SMA/sederajat) dengan rata-rata yang tersyarat tidak lebih dari 3 tahun sebelum bergabung universitas.
  6. Umur pemohon maksimal adalah 20 tahun.
  7. Pemohon tidak dibolehkan memulai kelas apabila masih dalam tahap pemeriksaan kelengkapan berkas dan dokumen yang diperlukan.
  8. Nomor mahasiswa yang diterima adalah berdasarkan ketersediaan bangku dalam suatu jurusan. Pemohon akan dipilihkan sesuai prosedur dari pihak universitas.

Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun. Universitas Al Qasimia pun tidak mempunyai agen khusus.[yhr/kar]

1 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum, ana zulfa..
    ana ingin bertanya mengenai berkas2 apa saja yg harus dipersiapkan sebagai persyaratan?
    syukron, wassalamu’alaikum

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.