Terungkap, Sering Sauna Ternyata Bisa Cegah Stroke

sauna cegah stroke
sauna bisa cegah stroke. foto US News Health

Sebuah riset menunjukan, ternyata sering mandi uap atau sauna bisa cegah stroke. Riset itu cukup signifikan dengan pengurangan risiko hingga 60%

BantenTribun.id- Siapa yang tak ingin mandi uap alias Sauna. Menikmati hangatnya uap pengobat penat bin lelah. Sendiri atau barengan sama asiknya.

Selain menyenangkan dan bikin ‘sueger’ Sauna ternyata menjadi salahsatu cara cegah stroke yang efektif.

Sebuah kajian yang diterbitkan dalam Jurnal Neurologi mengungkap bahwa mandi uap alias sauna terbukti signifikan mencegah seseorang dari risiko Stroke.

Dilansir dari laman time. Sebuah penelitian dari Bristol University Inggris menyimpulkan bila sana ‘sangat kuat’ pengaruhnya untuk mencegah penyakit yang membuat tubuh manusia sulit bergerak.

Setor Kunutsor, tim peneliti dari salahsatu Universitas bergengsi di Inggris itu mengungkap melakukan aktifitas sauna secara rutin antara empat hingga tujuh kali seminggu bisa mengurangi risiko stroke hingga 60%.

Riset di lakukan dengan mengamati orang-orang Finlandia yang dikenal gemar mandi suana. Di negara yang terkenal dengan kualitas pendidikan paling oke sedunia itu sauna menjadi sesuatu yang lazim. Banyak rumah di negara itu memiliki tempat sauna pribadi.

Hebatnya, riset ternyata dilakukan selama 15 tahun, dengan mengamati perilaku sekitar 1,628 orang dewasa Finlandia. Metode pengumpulan data menggunakan survey dan form yang harus dijawab oleh ribuan responden itu.

Selanjutnya, dalam form tim peneliti juga menanyakan soal kebiasan dan gaya hidup lainnya yang relevan dengan tujuan riset sekaligus menjadi faktor kontrol.

Sejumlah tes kesehatan juga telah dilakukan bahkan sejak awal penelitian.

Pengamatan dilakukan dengan mengelompokan responden pada tiga kelompok besar dalam aktivitas sauna. Kelompok-kelompok itu terdiri dari beberapa orang yang melakukan sauna satu kali seminggu, dua hingga tiga kali per minggu dan empat hingga tujuh kali per minggu.

Hasilnya sangat mencolok. Orang yang rutin melakukan sauna empat hingga tujuh kali seminggu memiliki risiko 60% lebih kecil terkena stroke.

Riset ini juga makin meyakinkan sebab dikaitkan dengan gaya hidup lain yang membuat orang berisiko besar terkena stroke seperti kolesterol tinggi, merokok dan diabetes.

Menurut Kunutsor, salahsatu alasan mengapa rutin sauna bisa cegah stroke adalah terkait dengan penurunan tekanan darah. Menurut peneliti ini, sauna bisa meningkatkan alirah ke kulit dan menghasilkan penurunan tekanan darah secara kesuluruhan.

Selain itu, Kunutsor juga menambahkan bila sauna dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, kesehatan pembuluh darah, mengurangi perdangan stres dan sirkulasi keolesterol.

Sayangnya peneliti tidak menjamin hal yang sama terjadi di berbagai negara lain, sebab penelitian hanya dilakukan di Finlandia. (AJI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.