Terungkap, Rokok dan Alkohol Ancaman Paling Besar Bagi Kesehatan Manusia

rokok dan alkohol

Rokok dan Alkohol ternyata menjadi ancaman terbesar bagi manusia untuk menjaga kesehatannya tetap baik. Keduanya pun menjadi penyumbang kematian tertinggi.

BantenTribun.id- Kesehatan adalah salahsatu hal berharga yang wajib di miliki manusia. Setiap orang bisa melakukan segala hal jika memiliki tubuh sehat.

Banyak orang yang tidak menghargai dirinya sendiri, dan terkesan kurang peduli dengan kesehatan, tatkala berani mencoba sesuatu – bahkan akhirnya kecanduan – karena mengkonsumsi sesuatu yang mengganggu kesehatannya, terutama dari rokok dan minuman beralkohol.

Dilansir dari Dailymail, sebuah penelitian dari College University London mengungkap ternyata rokok dan minuman beralkohol penyumbang terbesar bagi rusaknya kesehatan manusia.

Ngerinya, hasil riset itu menunjukan bila rokok adalah penyebab kematian terbesar, dimana 110 kematian per 100,000 anggota masyarakat disebabkan oleh rokok. Sementara minuman beralkohol menyebabkan 33 kematian per 100,000 anggota masyarakat.

Riset itu juga mengungkap bila mati karena kokain berada lebih rendah dibanding keduanya, yakni 6.9 kematian per 100,000 anggota masyarakat. Meski begitu Kokain tetaplah sesuatu yang bahaya pasalnya 6.9 kematian berasal dari 0.35 persen pengguna.

Bahaya rokok dan alkohol bisa saja bertambah setiap hari. Hingga kini – menurut riset – menunjukan bahwa satu dari lima orang dewasa di seluruh dunia paling banyak minum alkohol sekali dalam sebulan. Sementara 15 persen masyarkaat dunia telah mengkonsumsi rokok setiap hari.

Kecanduan Pada Rokok dan Alkohol

Rokok dan Alkohol kebanyak tidak langsung menyebabkan kematian, “kecuali oplosan”. Keduanya secara perlahan merusak kesehatan manusia dengan zat adiktif yang mebuat banyak orang kecanduan.

Riset College University London juga mengungkap, bila 843.2 orang per 100,000 masyarakat telah kecanduan minuman beralkohol. Hal itu lebih besar dibanding pecandu ganja sebesar 259.3 orang per 100,000 dan penghisap ganja sebesar 220.4 orang per 100,000.

Masyarakat sebaiknya mulai berpikir kembali untuk menghisap rokok atau meminum alkohol, sebab tak hanya membuat kecanduan dan kematian. Rokok dan Alkohol juga menyebabkan kecacatan.

Singkatnya, dengan mengkonsumsi satu bungkus rokok per hari dan segelas minuman beralkohol, kita telah menghilangkan satu hari dalam kehidupan yang sehat.

Penduduk di wilayah Oceania adalah mereka yang mengalami konsumsi tinggi terhadap Rokok, sementara ganja, Opium dan kokain paling banyak terjadi di Amerika Utara, dan Narkoba di Eropa Timur. (AJI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here