Terkuak, Kecepatan Mobil Setnov Saat Tabrak Tiang Hanya 21 Km/Jam

225
Polisi melakukan olah TKP kecelakaan Setya Novanto di Jalan Permata Berlian, Jakarta Selatan, Jumat 17 November 2017. (foto -CNN )
Polisi melakukan olah TKP kecelakaan Setya Novanto di Jalan Permata Berlian, Jakarta Selatan, Jumat 17 November 2017. (foto -CNN )

Misteri berapa kecepatan laju kendaraan yang ditumpangi Setya Novanto, saat mengalami kecelakaan menabrak tiang lampu PJU akhirnya terkuak.  Saat menabrak tiang, kecepatan mobil hanya 21 Km perjam. Hal ini mematahkan dugaan banyak pihak  yang mengatakan mobil melaju kencang dan berkecapatan tinggi.

Pandeglang,BantenTribun—Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menganalisis kecelakaan yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto tersebut.

Menurut Kombes Halim Pagarra, Dirlantas Polda Metro Jaya, berdasarkan hasil analisis, kecepatan mobil Toyota Fortuner yang dikendarai kontributor Metro TV Hilman Mattauch itu mencapai 50 Kilometer per Jam.

Halim Pagarra menjelaskan, berdasarkan hasil Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas Polri, ada tiga kecepatan.

“TAA-nya sudah ada. Kendaraan Fortuner memiliki kecepatan pertama 50 km per jam, saat naik ke trotoar menjadi 38 km per jam, kemudian membentur pohon menjadi 21 km per jam dan membentur penerangan jalan umum,” ujar Halim, Selasa (21/11), seperti dilansir dari laman CNN Indonesia.

Selain itu, masih kata Halim, hasil analisis menyebutkan jika velg ban mobil tersebut tidak sesuai dengan standar pabrik.

“Menurut Toyota, velg ban ternyata tidak sesuai standar pabrik,” katanya.

Halim menambahkan, polisi akan menelusuri soal airbag yang digunakan di mobil tersebut. Saat kejadian airbag tersebut dikabarkan tidak berfungsi.

Sementara, kata Halim, dari sisi mesin, mobil yang ditumpangi Setya Novanto itu masih sesuai standar.

“Mesin tetap, hanya ada pergantian velg tidak asli. Soal airbag nanti kami akan minta keterangan dari agen pemegang merek yang dipanggil sebagai saksi ahli. Nanti kami tanya mekanismenya,” ucap Halim .

Rencananya, Halim akan meminta keterangan Setya Novanto yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Novanto akan diperiksa sebagai saksi.

Polisi telah mengirimkan surat ke KPK untuk memeriksa Setnov, tapi hingga kini surat itu belum dibalas.

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Kingkin Winisuda menambahkan, berdasakan penyelidikan, polisi tidak menemukan bercak darah di dalam mobil.

Mereka hanya menemukan rambut yang diduga milik Novanto.

“Di dalam mobil adanya juga rambut ya di kursi tengah. Kami belum tahu (rambut Novanto atau bukan) makanya nanti kami pastikan dulu,” tutupnya.*(red/cnn)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here