Tentang Kami

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tribune diartikan  sebagai panggung untuk tempat berbicara, atau tempat yang agak tinggi untuk duduk para penonton. Namun, kami tidak ingin sekedar  menjadi penonton.  Maka, dari  dataran yang lebih tinggi di Propinsi Banten, kami ingin menyampaikan dan mengabarkan fakta dengan akurat, faktual, enak dibaca  dan menjadi inspirasi.  Dari situ kami mendeklarasikan diri dengan nama Banten Tribun.

Kami mencoba hadir  semata-mata karena kepekaan. Menyampaikan sebuah peristiwa dan sebuah perkara,  yang layak untuk disampaikan, menarik, dan sebisa mungkin membuka wawasan. Ketika kegembiraan, tragedi, yang tersembunyi, dan yang terbuka perlu untuk diketahui.

Kami  berusaha jurnalisme  media online kami tidak semata  jurnalisme yang asal mengundang klik. Tidak semata  banyaknya halaman dibuka, lepas dari konteks, dangkal, dan tidak enak dibaca.

Kami juga  percaya penyajian berita panjang,  bukan berarti membosankan. Pendek tidak berarti dangkal. Panjang pendek bukanlah rumus. Panjang pendek bukanlah belenggu. Panjang dan pendek hanyalah sebuah format penyampaian. Sebuah pilihan.

Kami tak bermaksud  menjadi pengadil. Tak hendak pula menjadi algojo.  Prinsip Cover both side, berimbang dan mencantumkan semua pihak yang terlibat dalam peristiwa,menjadi perhatian. Sebab, niatan kami hanyalah mengungkapkan fakta secara apa adanya. Membilasnya dari bias.

Keputusan kami untuk memakai *.id yang merupakan kode domain Indonesia dalam jaringan internet global,  tak lepas dari semangat berbangsa  dan turut serta menjaga NKRI.

Banten Tribun menerjemahkan visi mencerahkan itu sebagai keharusan menyajikan tulisan-tulisan yang jernih, mencerahkan, berwawasan, memiliki konteks, mendalam (indepth), faktual,  serta dapat dipertanggungjawabkan.

Kami percaya bahwa laporan-laporan yang tercipta dari kekuatan data, disampaikan secara baik, namun tak abai pada kecepatan adalah sumber informasi yang layak diperoleh oleh masyarakat Indonesia hari ini, terutama para pengambil keputusan, dan pengendali perubahan.

Banten Tribun,  berdiri di atas dan untuk semua golongan, serta non-partisan. Banten Tribun tidak bekerja untuk kepentingan politik mana pun.

Salam