Tebakan Duluan Ayam Apa Telur SudahTamat, Ini Jawaban Ilmiahnya

368
Duluan Ayam apa Telur?@Sainsme
Duluan Ayam apa Telur?@Sainsme

Tebak-tebakan mana yang lebih dulu antara ayam, atau telur, mungkin jadi tebak-tebakan yang tertua tertua di dunia ini.Sampai zaman now, tebakan duluan telur apa ayam masih sering terdengar.

Pandeglang,BantenTribun.id- Ayam berasal dari telur, tapi telur juga berasal dari ayam. Jadi muter-muter gini. Gampangnya saat kita bercanda, jawabannya adalah tergantung yang mana disebut duluan. Tapi, para ilmuwan sudah berhasil mengungkap teka-teki ini, secara ilmiah.

Dari laman Sainsme,  diketahui berdasar hasil riset tim ilmuwan dari Sheffield dan Warwick University di Inggris, ternyata ayam lebih duluan ada daripada telur.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

“Apa yang kami temukan adalah ‘kecelakaan’ yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur.”

Menurutnya,  selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kita tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

“Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia?”

Cangkang telur memiliki kekuatan sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya.

“Masalahnya, kita tak tahu bagaimana ayam membuat cangkangnya.”

Hasil penelitian itu ternyata sangat mengejutkan dan bisa  memecahkan teka-teki sepanjang masa.

Dari penelitian itu ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah ‘tukang bangunan’ tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Nah, protein tersebut menginisiasi proses pembentukan cangkang, sebelum menyusun bagian telur yang lain.

Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam.

 “Itu berati ayam ada duluan sebelum telur.”

Kalau masih bingung, penjelasan singkatnya begini; bahan pembentuk cangkang telur adalah protein yang hanya dapat ditemukan di indung telur ayam. Jadi, telur bisa ada, hanya jika diproses di dalam tubuh ayam.

Penasaran gimana para ilmuwan tersebut berhasil mengungkap teka-teki ini?

Tim ilmuwan tersebut menggunakan sebuah super komputer untuk memperbesar proses pembentukan sebuah telur. Mereka menemukan bahwa protein yang bernama ovocledidin-17 atau OC-17 bertindak sebagai katalis untuk mempercepat pembentukan cangkang telur.

Dengan super komputer bernama HECToR yang berada di Edinburg, Skotlandia, tim ilmuwan mengungkapkan bahwa OC-17 sangat penting dalam kristalisasi yang merupakan tahap awal pembentukan cangkang. Protein tersebut mengubah kalsium karbonat menjadi kristal keras yang menjadi bahan pembuat cangkang.

OC-17 mempercepat produksi cangkang telur dalam tubuh ayam sehingga dalam waktu 24 jam sebuah telur siap untuk dikeluarkan.

Yang perlu digarisbawahi dalam penemuan ini adalah bahwa telur tidak dapat diproduksi tanpa OC-17 yang terdapat dalam indung telur ayam. Ini berarti bahwa ayam dipastikan  lebih dulu ada dibandingkan telur. Teka-teki ayam dan telur pun terpecahkan.

Lalu apa sekarang kita akan menanyakan dari mana ayam berasal?(red)

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here