Tanggapi Serangan Layang-Layang Palestina, Israel Gunakan Jet Gempur Gaza

layang-layang palestina
layang-layang palestina
  • Israel melakukan serangan menggunakan jet-jet tempur pada sasaran milik Hamas sebagai respon atas penggunaan layang-Layang yang membakar lahan pertanian mereka.
  • Taktik Penggunaan layang-Layang oleh Warga Palestina ternyata cukup efektif dan merugikan warga Israel

BantenTribun.id- Israel akhirnya merespon kiriman layang-layang ‘berapi’ warga palestina dengan gempuran menggunakan jet-jet tempur.

Dilansir dari aljazeera, jet-jet Isreal itu telah menyerang sembilan sasaran milik Hamas, kelompok yang selama ini dianggap sebagai pengontrol jalur Gaza.

Serangan-serangan itu dimulai sejak senin fajar disertai bunyi sirene yang terdengan di Wilayah Israel dekat Jalur Gaza.

Belum jelas tentang spot apa yang diserang dan apakah serangan tersebut menelan korban dari warga Palestina.

Negara yang diprotes warga palestina karena telah menduduki wilayahnya itu rupanya geram dengan penggunaan layang-Layang warga Palestina.

Meski telah menggunakan pesawat tanpa awak untuk mencegat layang-Layang warga palestina, Israel tetap saja menderita banyak kerugian.

Layang-layang itu memang tidak membawa korban dari warga Israel, namun menurut pemerintah Israel, kebakaran lahan pertanian akibat benda terbang menggunakan benang itu, mengakibatkan Israel rugi sebesar $ 2.5 juta.

Akibat klaim kerugian yang diderita Israel, Militer mereka telah melepaskan tembakan peringatan ke udara dan menghancurkan peluncur layang-Layang palestina. Dikutip dari Aljazeera, beberapa Menteri Israel malah menyerukan agar peluncur layang-Layang ditargetkan secar langsung.

Protes Gaza

Serangan layang-Layang Palestina bisa jadi merupakan bagian dari upaya warga Palestina terhadap pendudukan Israel di negara mereka.

Sejak 30 Maret, warga palestina khususnya di Jalur Gaza telah melancarkan protes yang puncaknya terjadi di hari Naqba, hari dimana momen pahit warga palestina akibat pengusiran Israel.

Israel merespon protes itu dengan berbagi taktik mematikan, termasuk menembak paramedis yagn viral lini masa. Taktik atas respon protes warga Palestina itu pun akhirnya mengundang kecaman dunia internasional.

Sejak protes berlangsung dari 30 Maret, jumlah warga Palestina yang tewas setidaknya mencapai 125 orang. Protes akan hak sebagai pengungsi untuk kembali ke tanah mereka tapi direspon dengan tindakan mematikan. (Red) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.