Siap-Siap Arus Balik Pake Motor, Baiknya Perhatikan Hal ini

Mudik dan arus balik pake motor, foto brilio
Mudik dan arus balik pake motor, foto brilio

Arus Balik tengah dan akan dimulai, dimana setiap orang yang mudik akan kembali dari kampung halaman, buat kamu yang menggunakan motor perhatikan hal-hal berikut ini

BantenTibun.id- Memasuki akhir libur lebaran, banyak pemudik mulai kembali dari kampung halaman menuju tempat bekerja masing-masing.

Bedasarkan pantauan Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik yang menggunakan motor roda dua atau kendaraan pribadi lainnya dinilai menurun dibanding tahun lalu, padahal awalnya diprediksi meningkat sektiar 30 persen.

Meski begitu, jumlah pemudik menggunakan roda dua jumlahnya tetap banyak, alasannya tentu sederhana, selain lebih murah, motor roda dua yang dibawa juga bisa digunakan untuk silaturahmi di kampung halaman.

Nah buat kamu yang baru mau mudik atau yang siap-siap ikut arus balik menggunakan motor, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Cek Kondisi Motor

Cek Kondisi motor sebenarnya tak memakan banyak waktu, hanya banyak orang kerap mengabaikannya. Padahal bila dilakukan akan memberi banyak manfaat, paling sederhana tentunya membuat nyaman bagi yang menungganginya.

Cek kondisi ban, Kabur atau Injeksi, aki, rem dan ganti pelumas adalah beberapa bagian penting yang harus diperiksa bila tak ingin repot di perjalanan.

Bila merasa tidak punya pemahaman dan kemampuan memadai, ada baiknya cek di bengkel, jika perlu servis dulu sebelum berangkat.

Hindari Ngantuk

Rasa kantuk termasuk hal yang sulit dihindari saat menunggangi motor dalam jarak yang jauh. Padahal mengantuk merupakan salahsatu penyebab kecelekaan yang sering muncul.

Buat kamu yang tengah atau mau berjuang diarus balik menggunakan motor, bila tiba rasa kantuk sebaiknya istirahat terlebih dahulu. Bila matamu sudah ON, baru jalan kembali

Jaga Kesehatan

Badan yang sehat atau fit, menjadi modal utama dalam berkendara jarak jauh, jika perlu check up lebih dulu sebelum memutuskan kembali atau mengikuti arus balik.

Kamu juga harus perhatikan, tujuan kamu kembali dan berjuang di arus balik adalah untuk kembali bekerja, jangan sampai sakit menjadi alasan kamu tidak masuk dihari pertama pasca libur lebaran.

Hindari Bawaan Overload

Sering jadi adagium, bila mudik menggunakan motor biasanya tak banyak membawa barang untuk oleh-oleh dikampung halaman, tapi giliran arus balik orang tua dikampung meminta kita membawa ini dan itu.

Padahal kendaraan roda dua, atau motor merupakan kendaraan yang memiliki kemampuan terbatas dalam mengangkut barang.

Menghindari barang bawaan yang terlalu banyak akan memberi banyak manfaat buat kamu

Waspada di Perjalanan

Berkendara menggunakan motor paling riskan di perjalanan apalagi jarak tempuh jauh, pengendara harus waspada dengan padatnya kendaraan di jalan.

Mereka tidak hanya menghadapai pengendara sepeda motor lain, tapi juga kendaraan-kendaraan lain yang lebih besar. Belum lagi soal keamanan dan begal.

Tetap waspada selama perjalanan arus balik wajib dicamkan semua pengendara motor. (AJI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.