Semanggi, Daun Kecil Pencegah Osteoporosis

132
semanggi, daun kecil pencegah osteoporosis
Daun Semanggi

Pandeglang, BantenTribun.id- Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah hal yang menakutkan terutama bagi Perempuan. Hal ini sesuai dengan data dari Pusat data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan yang dipublikasikan tahun 2015, menunjukan bahwa penderita osteoporosis di berbagai jenjang umur di dominasi oleh perempuan.

Data dari Kementerian yang kini dipimpin oleh Nila Moeloek itu menggambarkan bahwa rasio penderita osteoporosis antara laki-laki dan perempuan sangan signifikan mulai pada rentang usia 50 tahun ke atas. Hal ini disinyalir karena di rentang usia tersebut banyak perempuan yang mengalami menopause.

Osteoporosis dan Menopause

Perempuan di usia post menopause umumnya lebih rentan terkena menopause. Hal ini dikarenakan produksi hormon estrogen yang kian berkurang. Estrogen berfungsi mencegah sakit pada tulang rawanketika kita bergerak atau berjalan. Berkurangnya hormon ini menyebabkan proteksi terhadap tulang semakin menurun. Sehingga resiko tulang terkena pengeroposan semakin besar.

Semanggi, Daun Kecil Pencegah Tulang Keropos

Tuhan selalu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi mahluknya.  Oleh karena itu wajar jika tuhan meminta manusia menggunakan akalnya agar menyadari bahwa Ia maha segalanya. Penciptaan tumbuhan misalnya, bila mau membaca dan mengkaji, tidak sedikit hasil penelitian mutakhir yang membuktikan bahwa tumbuhan disekitar kita memiliki khasiat untuk kesehatan.

Salahsatunya tanaman Semanggi (Marciela crenata). siapa sangka tumbuhan berdaun kecil yang biasa di jadikan bahan pecel oleh “arek suroboyo” ini ternyata memiliki khasiat mencegah osteoporosis khususnya untuk kaum wanita.

Tumbuhan yang termasuk dalam famili marcileaceae ini biasa tumbuh di areal persawahan dengan bentuk khas seperti payung dan memiliki daun sebanyak empat buah di setiap tangkainya. Tumbuhan ini memiliki banyak kandungan senyawa yang berguna untuk manusia seperti: Saponin, Zat samak, serta isoflavon.

Senyawa isoflavon merupakan zat aktif yang mengandung hormon estrogen dari bahan tumbuhan. Senyawa ini memiliki efek positif untuk meningkatkan kualitas mineral tulang terutama untuk wanita yang  sudah menopause lebih dari empat tahun.

Daun semanggi yang kaya akan isoflavon, bila dikonsumsi secara teratur dapat mengindarkan wanita dari osteoporosis. Bagi kaum perempuan yang masih muda, tidak salahnya bila anda menikmati daun yang bermanfaat ini.

Kendati demikian, hal lain yang harus diperhatikan selain mengkonsumsi daun yang bermanfaat seperti semanggi, kita juga bisa melakukan cara lain untuk mencegah osteoporosis. Berolahraga, diet, dan pola hidup sehat adalah aktivitas penting yang tak boleh dilewati. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here