Restrukturisasi UPT, Pemkab Berusaha Tidak Rugikan Pejabat Esselon IV

616
pejabat esselon IV yang berada dalam UPT untuk siap ditugaskan dimana saja sesuai sumpah sebagai Aparatur Sipil Negara
pejabat esselon IV yang berada dalam UPT untuk siap ditugaskan dimana saja sesuai sumpah sebagai Aparatur Sipil Negara

Pejabat yang ada dalam UPT tidak perlu merasa resah dengan perubahan yang akan diberlakukan pada Januari depan. Pemkab Pandeglang berusaha untuk tidak merugikan pegawai yang sudah memiliki jabatan Eselon IV dengan  adanya perubahan status tersebut.

Pandeglang, BantenTribun.idSejumlah UPT yang tersebar di 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pandeglang, dipastikan mengalami perampingan atau peleburan, awal Januari 2018 depan. Restrukturisasi tersebut sebagai konsekwensi atas pemberlakuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah.

Ketentuan ini diperkirakan  akan berdampak kepada nasib ribuan pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT), yang akan mengalami pergeseran posisi. Namun demikian, para ASN yang saat ini menempati posisi di UPT tersebut diminta tidak perlu resah dalam menghadapi perubahan atau peleburan status UPT tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta, mengatakan pihaknya kini sedang melakukan inventarisir pegawai yang berada di UPT di semua OPD. Hal tersebut menurutnya,  sebagai tugas dan kewenangan yang harus dilakukan  pihaknya dalam membantu tugas Bagian Organisasi Setda Pandeglang.

“Kami masih menginventarisir terkait pegawai yang berada di UPT, untuk  nanti diverivikasi pihak Pemprov Banten, sebagai persiapan pemberlakuan Permendagri Nomor 12 tentang pedoman pembentukan dan klasifikasi cabang dinas dan UPTD tersebut,” kata Fahmi Sumanta, kepada BantenTribun via phone, Rabu(20/12).

Menurut Fahmi, para pegawai yang ada dalam UPT tidak perlu merasa resah dengan perubahan yang akan diberlakukan pada Januari depan. Ia memastikan pihak Pemkab Pandeglang berusaha untuk tidak merugikan pegawai yang sudah memiliki jabatan Eselon IV karena adanya perubahan status tersebut.

“Kami masih melakukan pemetaan pegawai esselon IV. Mudah-mudahan ada titik temunya, sehingga pegawai tidak dirugikan dengan status yang sudah dimilikinya.” Jelasnya.

Meskipun begitu, masih kata Fahmi, terbuka kemungkinan dengan perubahan UPT yang baru ini, pegawai yang semula esselon IV struktural akan bergeser menjadi esselon IV Fungsional.

“Ada kemungkinan juga mereka yang sekarang duduk di struktural, akan kembali ke jabatan fungsional , atau misalnya kepala UPT berubah menjadi Korwil, itu kan fungsional” terang Fahmi.

Seperti diketahui, 12 OPD yang memiliki struktur UPT, diantaranya Disdikbud, Dinkes, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, dan lainnya.

Sekretaris Dinas Pertanian Pandeglang, Widyatmoko, mengatakan dengan akan  berlakunya Permendagri tersebut, sebanyak 35 UPT Wilayah yang ada di Dinas Pertanian Pandeglang, yang tersebar di setiap kecamatan, akan dihilangkan.Sedangkan 10 UPT tekhnis, akan dirampingkan menjadi 6 UPT yakni UPT Pembibitan, RPH (Rumah Potong Hewan), UPT Puskeswan, UPT Kesmafet, UPT Balai benih produksi tanaman pangan,holtikultura dan perkebunan, serta UPT Alsintan.

Widyatmoko, Sekretaris Distan Kabupaten Pandeglang( foto- kar-BantenTribun)
Widyatmoko, Sekretaris Distan Kabupaten Pandeglang( foto- kar-BantenTribun)

Menurut Widyatmoko, dengan adanya perubahan dan perampingan tersebut, pegawai yang sudah beresselon IV memang akan terjadi pergeseran. Selain akan berubah ke fungsional, juga pegawai UPT  diusulkan untuk mengisi pos yang kosong di Dinas Pertanian.

“Jika melihat jumlah pegawai esselon IV yang bergeser akibat perubahan dan peleburan UPT tersebut, memang diperkirakan masih  kelebihan sedikit personel jika dibanding dengan pos baru yang tersedia,” terang Widyatmoko, kepada BantenTribun.

Widyatmoko justru mengingatkan semua pegawai, termasuk pejabat esselon IV yang berada dalam UPT untuk siap ditugaskan dimana saja sesuai sumpah sebagai Aparatur Sipil Negara *(kar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here