Rangda Pandeglang Dipamerkan di Bali

Rangda Pandeglang di pamerkan di Kuta Bali
Rangda Pandeglang di pamerkan di Kuta Bali

 

Rangda, bisa jadi punya arti lain.Di wilayah Indramayu atau Cirebon, rangda berarti janda.Sebuah status yang banyak dihindari kaum hawa. Tapi, Rangda Pandeglang, rangda justru dipamerkan di Kuta Bali.

BantenTribun.id-Tentu saja, Rangda Pandeglang yang dimaksud bukan “janda Pandeglang”, tapi salah satu makanan ringan berbahan dasar ketan berbentuk bulat atau dalam istilah lokal dikenal dengan “ranginang”.

Dipamerkannya Rangda oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang, dalam rangka ikut ambil bagian dalam Temu Karya Nasional dan Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke 20 yang dipusatkan di Kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Acara ini dibuka langsung Presiden Joko Widodo, Jumat (19/10/2018).

Rangda, menjadi produk unggulan hasil karya warga desa yang tergabung dalam BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Rangda merupakan salah satu makanan ringan berbahan dasar ketan berbentuk bulat atau dalam istilah lokal dikenal dengan ‘Ranginang’.

Karena punya berbagai rasa, ranginang yang satu ini populer disebut Rangda (ranginang ada rasa). Selain itu ada juga Resing (ranginang singkong) yang turut dipamerkan.
Bupati Irna Narulita mengatakan, TTG memperkenalkan inovasi daerah dan produk lokal daerah.

“Pada acara TTG ini juga ada batik Cikadu, Batik Kadudampit, Resing (Ranginang Singkong), Rangda (Ranginang ada rasa), ” kata Bupati Pandeglang dalam rilisnya.

Jadi, pingin merasakan nikmatnya “Rangda Pandeglang”? Silahkan bertandang ke kota Ranginang ada rasa.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.