Rahasia Umur Panjang ala Jepang

rahasia umur panjang
Rahasia Umur Panjang ala Jepang

Patut dicari, apa sebenarnya rahasia umur panjang orang Jepang, sebab penduduk negara itu memiliki angka harapan hidup 14 tahun lebih panjang dibanding penduduk Indonesia

BantenTribun.id- Banyak yang bilang bila penyakit pada manusia bukan hanya berasal dari pola hidup yang buruk, tapi muncul dari tekanan hidup yang semakin berat.

Ukuran kesuksesan dan kebahagiaan yang dinilai dari finansial, materi dan jabatan membuat banyak orang berburu dan tak perduli caranya, baik ataupun buruk.

Banyak orang tidak sanggup menjadi dirinya sendiri, sembunyi di balik topeng, demi materi, meski akhirnya berujung gagal, frustasi dan depresi.

Untungnya masih banyak anomali, memiliki cara berpikir yang unik tentang bagaimana seharusnya menjalani hidup.

Rahasia Umur Panjang dari Toko Sepatu di Jepang

Idehara, pemilik Konig der Meister, sebuah toko sepatu kecil di Shibuya Jepang menjadi anomali ditengah hiruk-pikuk kosmopolitan Tokyo.

Seperti banyak orang tahu, toko “bungkus kaki” itu banyak berderet di stasiun kereta api di Jepang.

Toko sepatu milik Idehara sedikit berbeda, bukan sekedar menjual, tokonya juga melayani layanan reparasi.

Meski reparasi sepatu bukanlah bisnis paling menguntungkan, tapi Idehara komit dengan itu.

Ia paham betul, tidak semua orang ingin mengganti sepatu dengan segera, membeli lalu membuangnya.

Bagi sebagian lain, bisa jadi ada kenangan dibalik sepatu yang mereka pakai, ada cinta, kerinduan atau bahkan rasa sayang.

Kesenangan untuk saya, ketika seorang yang datang dengan muka muram, lalu berubah tersenyum setelah melihat sepatunya selesai di perbaiki.” ucap Idehara, seperti dikutip dari laman huffingtonpost.

Ikigai dan Rahasia Umur Panjang orang Jepang

Idehara nampaknya mengamalkan sebuah filosofi orang Jepang yang dikenal dengan Ikigai.

Kata Iki dalam Bahasa Jepang artinya hidup, sedangkan gai bermakna berharga. Jadi Ikigai adalah cara orang Jepang menemukan kehidupan yang berharga.

Meski tidak selalu mendapat keuntungan besar dari reparasi sepatu, bagi Idehara, membuat orang lain bahagia adalah cara ia mendapatkan hidup yang lebih bermakna.

Ikigai dan kebahagiaan mungkin terdengar sama, namun ia lebih dari itu. Michiko Kumano seorang profesor dari Osaka Ohtani University menyatakan kebahagiaan di bagi orang Jepang bukan sekedar bersikap positif, tapi bagaimana menghadapi masa sult dengan sikap penuh harapan.

Ikigai mungkin sepadan dengan tujuan hidup. Orang yang memiliki tujuan hidup yang jelas dan berorientasi masa depan, maka bisa dipastikan ia akan banyak memiliki sikap positif dan penuh harap.

Filosofi Ikigai yang ‘termutajasad’ – mendarah daging – dalam diri orang seperti Idehara ternyata memberi pengaruh pada kesehatan. Studi di negeri Matahari Terbit itu telah membuktikannya.

Sebuah rahasia umur panjang, dari dua suku kata dalam bahasa Jepang. Maka wajarlah kiranya bila rata-rata harapan hidup di negara itu mencapai 83.7 tahun. Lima tahun lebih lama dari harapan hidup orang Amerika 78.7 tahun dan 14 tahun lebih lama dibanding angka harapan hidup orang Indonesia. (AJI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.