Prediksi Prodi di PTN yang Padat Peminat pada SBMPTN 2018

foto ilustrasi@aturduit
Memilih prodi di PTN padat  peminat pada SBMPTN 2018, patut dipertimbangkan. (foto ilustrasi@aturduit)

Jika sebelumnya sudah ditampilkan prediksi program studi di PTN yang rendah peminat pada SBMPTN tahun 2018, maka kebalikannya,  prediksi jurusan yang ramai peminat, juga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan siap bertarung merebut kursi PTN idaman.

BantenTribun.id– Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), merupakan seleksi tertulis yang dilakukan secara serentak bagi mereka yang berniat melanjutkan jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri(PTN)

Dilansir dari laman resmi sbmptn.ac, dari sekian banyak PTN di Indonesia, ada tiga nama yang selalu jadi incaran para calon mahasiswa baru, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia (UI). Ketiga PTN ini dikenal punya daya tampung terbatas, namun banyak diserbu peminat dari PTN lainnya.

Apa saja jurusan atau program studi yang bakal ramai diminati pada SBMPTN 2018 nanti?

Menurut laman itu, di Universitas Indonesia untuk jalur Sains dan Tekonologi (Saintek), jurusan yang paling banyak diminati siswa adalah Pendidikan Kedokteran.

Baca Juga:

Jurusan di PTN yang Diprediksi Sepi Peminat di Tahun 2018

Prodi kedokteran UI pada 2016 lalu, tercatat peminat jurusan ini adalah sebanyak 2.940 peminat dengan tingkat daya tampung sebanyak 72 kursi.

Untuk jalur Sosial Humaniora (Soshum), jurusan dengan peminat terbanyak tahun lalu adalah Ilmu Hukum dengan 3.351 peminat dan daya tampung hanya 100 kursi.

Sedangkan di ITB, jurusan yang paling banyak diminati siswa untuk jalur Saintek adalah STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) dengan 3.705 peminat dengan daya tampung sebanyak 183 kursi.

Untuk jalur Soshum, jurusan dengan peminat terbanyak tahun lalu adalah SBM (Sekolah Bisnis Manajemen) dengan 3.327 peminat dan daya tampung sebanyak 130 kursi.

Sementara di Universitas Gadjah Mada, jurusan yang paling banyak diminati untuk jalur Saintek adalah Ilmu Kedokteran dengan 3.321 peminat dan daya tampung sebanyak 53 kursi.

Untuk jalur Soshum, jurusan dengan peminat terbanyak tahun lalu adalah Ilmu Hukum dengan 3.164 peminat dan daya tampung sebanyak 90 kursi.

Jika ditelusuri lebih jauh, berdasarkan data yang dihimpun dari website resmi SBMPTN, dalam tiga tahun terakhir, ketiga program studi dari jalur Saintek dan Soshum di 3 universitas favorit tadi selalu menjadi yang tertinggi di atas program studi lainnya.

Itu artinya, program studi Ilmu Kedokteran dan Hukum (UI & UGM) juga STEI dan SBM (ITB) diprediksi tetap akan menjadi prodi dengan jumlah peminat terbanyak yang diminati siswa pada SBMPTN 2018 nanti.

Jadi, persiapkan diri lebih baik agar siap maju dalam persaingan merebut kursi PTN sesuai idaman. Memilih  prodi atau jurusan yang diinginkan di PTN lain, perlu juga dipertimbangkan.(red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.