Pidato KH Ma’ruf Amin di Aksi Bela Palestina Ajak Boikot Amerika

Mendung dan gerimis, mewarnai aksi Bela Palestina yang dihadiri jutaan peserta dari berbagai daerah dan beragam ormas. (foto-Fadli-BantenTribun)
Mendung dan gerimis, mewarnai aksi Bela Palestina yang dihadiri jutaan peserta dari berbagai daerah dan beragam ormas, di Monas Jakarta, Minggu 17/12 (foto-Fadli-BantenTribun)

Jakarta.BantenTribun.id –  Dengan mengenakan pakaian serba putih dan syal Palestina , Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin menghadiri Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu(17/12/2017). Ia terlihat menggebu-gebu saat menyampaikan sambutan di atas panggung utama.

“Kita akan membuat pernyataan sikap, kalau Donal Trump tidak mau juga mencabut (Yerusallem jadi Ibukota Israel), harus kita boikot, usir, boikot Amerika,” kata Ma’ruf Amin, seperti yang dilaporkan  Mohammad Fadli, kontributor BantenTribun, yang berada di lokasi aksi Bela Palestina.

Ma’ruf  juga menegaskan, pihaknya akan membuat pernyataan sikap terkait dengan dijadikannya Yerusallem sebagai Ibukota Israel.

“Palestina hari ini masih di jajah, mari kita dukung untuk membebaskan Palestina, Palestina Jaya, Palestina Bebas. Bebaskan Palestina,” tegas KH Ma’ruf di atas panggung utama di Monas.

M. Fadli(memegang Bendera Indonesia) Usai aksi Bela Palestina(foto-BantenTribun)
M. Fadli  (kanan-memegang Bendera Indonesia) Usai mengikuti  aksi Bela Palestina di Monas Jakart, (foto-BantenTribun)

Menag Bersyukur Ada Aksi Bela Palestina

Meski sempat diteriaki  oleh peserta aksi saat hendak  menyampaikan orasi,  Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin menyampaikan rasa syukur kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, dan umat Islam yang sudah mengadakan acara Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

“Sebagai  Menteri Agama, saya ingin menyampaikan rasa sukur pada MUI, ormas Islam dan semua umat Islam yang telah menginisiasi menggagas dan mengadakan acara ini,” kata Lukman di atas panggung Aksi Bela Palestina.

Ia menjelaskan, dirinya hadir di acara ini untuk ikut memanjatkan doa bersama agar apa yang selama ini yang menjadi derita dan nestapa bangsa Palestina segera di hilangkan dan segera diangkat oleh Allah SWT.

“Kita bersyukur pemerintah kita sudah secara maksimal dan optimal melakukan diplomasi untuk Palestina mendapatkan hak-haknya untuk kemerdekaan,” tuturnya.

Peserta Aksi Bela Palestina yang datang dari berbagai daerah, termasuk Pandeglang, diperkirakan berjumlah lebih dari 1 juta. Kerumunan Manusia yang ikut membela Palestina ini juga datang dari berbagai Ormas Islam.

Hujan gerimis sempat mewarnai jalannya aksi, namun tidak memudarkan semangat peserta untuk terus meneriakan yel-yel mengecam Presiden Trump. Massa juga tetap meneriakkan takbir secara bergantian.

Massa peserta aksi Bela Palestina, berakhir setelah pembacaan doa penutup . Massa mulai  membubarkan diri dari lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, sekitar pukul 11.30 WIB. Tidak semuanya membubarkan diri. sebagian dari massa aksi memilih melanjutkan aksi ke Kedutaan Besar Amerika Serikat yang terletak tak jauh dari Monas.

Sejumlah tokoh hadir seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Pelaksana Tugas Ketua DPR Fadli Zon, Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin, dan beberapa tokoh lainnya.

Sesudah penutupan doa, panitia memutar lagu-lagu bertemakan Palestina yang dinyanyikan bersama oleh para peserta sambil berangsur  membubarkan diri.*(Fadli/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.