Piala Dunia: Pembuktian Rusia di Laga Pembuka

piala dunia rusia
piala dunia rusia

Rusia akan mengawali debutnya di laga pembuka Piala Dunia menghadapi wakil asia, Arab Saudi. Laga itu akan mengawali pembuktian beruang merah yang diragukan suporternya sendiri

BantenTribun.id- Gelaran Piala Dunia 2018 akan dimulai besok, kamis (13/6). Dua negara yakni tuan rumah Rusia akan bertarung dengan wakil asia Arab Saudi di laga pembuka itu.

Bertarung di Stadion Luzniki, laga pembuka itu menjadi ajang pembuktian untuk tuan rumah. Pasalanya sejak pecah dari Uni Soviet pecah, Beruang Merah tak berdaya bertarung dalam gelaran Piala Dunia.

Dalam keikutsertaannya, negara yang dipimpin Vladimir Putin itu tak sekalipun berhasil lolos dari fase grup. Termasuk dalam tiga ajang Piala Dunia sebelumnya yang digelar di Prancis 1998 , Jerman 2006 dan Afrika Selatan 2010.

Rusia perlu membuktikan kapasitasnya kali ini, apalagi kala bertarung di kandang sendiri. Mengingat Akinfeef dan kolega merupakan tim yang otomatis lolos karena sebagai tuan rumah, mereka tak berjuang dalam babak kualifikasi seperti peserta-peserta lainnya.

Mereka juga mendapat banyak hasil minor dalam laga uji coba. Sbornaya tumbang dari Prancis dengan skor 1-3 pada (27/3), kemduian kembali takluk dari Brazil tiga gol tampa alas, dan hanya bermain imbang dengan tim Matador Spanyol dengna skor 3-3. Terakhir armada Chercesov juga takluk dari La Albiceleste dengan sekor tipis 0-1.

Rentetan kekalahan di laga ujicoba juga membuat pendukung tuan rumah pesimis. Apalagi dilanir dari Sputiknews, sebuah survey dari Public Opinion Foundation menyatakan hanya 4 persen pendukung Rusia yang percaya bila tim kebanggaan mereka akan berbicara banyak di ajang sepakbola paling bergengsi se kolong langit itu.

Persiapan Matang, Pelatih Optimistis

Berbeda dengan pendukungnya, pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov mengaku optimis bila timnya mampu berprestasi di ajang Piala Dunia kali ini.

Pelatih 54 tahun menyatakan bila dalam benak dirinya dan tim hanyalah kemenangan dan kemenangan. Termasuk di laga pembuka kontra Arab Saudi.

“Kami tahu kami bukan favorit juara, tapi hal teresebut tak berarti apapun. Kami ingin menjadi diri kami sendiri, kemdudian kami akan lihat apakah hal tesebut sudah cukup, sejauh mana kami bisa melaju di Piala Dunia 2018.” Ungkap mantan Kiper Rusia itu.

Alasan lain mengapa Pelatih Sbornaya itu begitu optimis, adalah persiapan mereka sebelum menghadapi Arab Saudi.

Rusia telah mencoba membiasakan diri menghadapi Arab Suadi di laga pembuka dengan menjadikan Tunisia sebagai lawan terakhir jelang Piala Dunia.

Meski begitu, Rusia patut waspada dengan Arab Saudi, wakil asia dipastikan tampil tanpa beban dan akan mengandalakn serangan sporadis dan counter attack.

Mohammed Al Sahlawi akan memimpin serangan Arab Saudi. Sebagai pemain dengan reputasi sebagai salahsatu striker terbaik Asia, Sahlawi patut diwaspadai oleh Smolov dan kolega. (ajat s)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.