Peran Pemuda Sebagai Agen Perubahan di Masyarakat

495
Peran Pemuda
Engkos Kosasih
Peran Pemuda Sebagai Agen Perubahan Masyarakat

*Oleh : Engkos Kosasih

Pemuda harus berada ditengah-tengah masyarakat yang sudah mulai kekeringan budaya literasi.Pemuda juga harus berani membawa perubahan. Pemuda harus bisa mengobarkan semangat perjuangan. ‘Merdeka’

Tidak perlu menunggu datangnya ajal untuk mewariskan pengetahuan. Pemuda, yang sudah bertambah pengetahuannya dari proses pembelajaran, perlu mengamalkannya sesegera mungkin. Berperan sebagai agen perubahan dalam pembangunan, minimal dalam lingkungan terdekatnya.

pentingnya peran pemuda dalam mengamalkan pengetahuan, karena dalam jiwa pemuda memiliki potensi yang dapat diharapkan. Pemuda memiliki semangat yang sulit dipadamkan. Terlebih jika semangat bercampur dengan pengetahuan dan diimplementasikan melalui tindakan. Maka niscaya akan tercipta suatu perubahan.

Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change). Hal tersebut merupakan suatu keniscayaan. Bahkan dalam perjalanan sejarah bangsa-bangsa di dunia, telah tertorehkan beragam peran pemuda dalam hal perubahan. Tak terkecuali dalam sejarah bangsa Indonesia, para pemuda menorehkan hal yang demikian. Berdirinya organisasi pemuda di masa penjajahan, tercetusnya Sumpah Pemuda 1928, hingga peran pemuda dalam membantu memproklamirkan kemerdekaan.

Pemuda adalah garda terdepan yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan negara Republik Indonesia. Sebab, tanpa pemuda, bangsa Indonesia tidak akan pernah mencapai kemerdekaan. Tanpa pemuda Indonesia tidak akan pernah menggapai cita-cita bangsa, dan akan terus terjajah bangsa lain.

“Berikan aku 1.000 orang tua akan aku cabut semeru dari akarnya, tapi berikan aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia” kata Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Kalimat bung karno tersebut solah merupakan gambaran betapa dahsyatnya pemuda sebagai agen perubahan. Tentunya pemuda yang di maksud adalah pemuda yang berpikir positif dan beprestasi.

Ditangan pemuda, sebuah perubahan bisa terjadi, sebab, daya imajinasi, kreasi dan inovasi senantiasa melekat pada semangat generasi muda.

Pemuda Yang Mau Perubahan Pasti Sukses !

Hanya pemuda yang suka perubahan yang akan meraih kesuksesan, sementara bagi mereka yang tidak mau berubah akan tetap terpuruk dan menjadi orang tertinggal. pemuda harus bisa membangunkan semangat perjuangan bangsa, dan mewujudkan cita-cita bangsa

“Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda seperti begini baiknya digunduli saja kepalanya” ucap Bung Karno.

Jadilah Pemuda yang Peduli

Seorang pemuda harus dekat dan peduli dengan mereka yang bernasib malang. Seorang pemuda  juga harus bisa memberikan solusi tentang persoalan dan ketimpangan sosial di lingungakannya. Sebab, kepedulian itulah yang akan menjadikan seorang pemuda, sosok yang tangguh dan bijaksana.

Selain itu, pemuda juga harus bisa memberikan solusi terhadap problem di masyarakat, pemuda harus bisa berada di tengah-tengah, tidak memihak dan berpihak kepada suatu golongan atau perorangan, generasi muda harus ikut berkontribusi dalam setiap pembanguan.

“Pemuda hari ini, adalah pemimimpin di kemudian hari, terus berjuang tanpa ada batas,’ Merdeka’.”  *(Penulis Tinggal di Kampung Babakan Bungur Desa Tarumanagara Kecamatan Cigeulis, Pandeglang)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here