Pandeglang Tuan Rumah Festival Olah Raga Tradisional Banten 2017

512

Pandeglang,BantenTribun.id –Ingin melihat seperti apa olahraga dagongan? Datang saja ke Alun-alun Pandeglang, karena olahraga tersebut bakal dilombakan di kota berjuluk sejuta santri ini.
Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Banten menunjuk Kabupaten Pandeglang sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Olahraga Tradisional (FORPROV) tingkat Banten 2017. Gelaran hajat olah raga ini akan dilangsungkan Selasa (29/8) nanti di Alun-alun Pandeglang, Agenda itu bakal digabung dengan Fesifal Olahraga Tradisional (FOT) Formi Pandeglang memperebutkan Piala Dimyati Natakusumah.

        Ketua Formi Pandeglang Yangto mengatakan, FOT di Pandeglang akan melombakan berbagai permainan tradisional dan rekreasi dengan peserta dari kabupaten/kota se Banten seperti dagongan putra, engrang putra hadangan, balap karung, tarik tambang, , dan terompah panjang. Event ini juga akan dimeriahkankan dengan senam sehat, lomba ketangkasan sepeda BMX dan skate board. “Ada enam cabang yang akan dilombakan dengan hadiah uang total 17 juta, door prize senilai Rp 7,5 juta. Untuk bisa ikut lomba para peserta bisa mendaftarkan diri di sekretariat Formi Panddeglang depan Masjid Agung sekaligus mendapatkan kuponnya. Yang jelas acara ini sangat menarik dan rugi kalau dilewatkan,” kata Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang ini saat meninjau lokasi event, kemarin.

        Yangto menyatakan, dari event ini panitia akan mencatat peserta atau atlet terbaik untuk mewakili Banten di FOT nasional. “Jadi event ini ada lanjutannya di tingkat nasional. Untuk itu kami berharap para peserta tampil sebaik mungkin dan kami ingin wakil Pandeglang bisa tampil di event nasional,” harapnya.

        Ketua Bidang Meida dan Promosi Formi Banten Jasmara Bahar mengatakan, FOT Banten digabungkan dengan FOT Pandeglang. “Formi Pandeglang punya acara dan didukung Formi Banten sehingga pesertanya pun akan datang dari seluruh wilayah Banten,” kata Jasmara.

        Menurutnya, di Formi ada 20 cabor yang sudah terdaftar cabor plus olahraga bidang kesehatan dan kebugaran. “Kami akan menilai mana tim atau pemain yang layak untuk dibawa ke FOT Nasioal di Kalimantan akhir 2017 nanti. Kuotanya 200 atlet di FOT nasional,” jelasnya.

Ditambahkannya, Formi tidak hanya membawahi olahraga tradisional karena ada juga olahraga tantangan dan petualangan (pentungan) serta BMX,skate board dan air soft gun. “Makanya di FOT Banten nanti sekaligus ajang seleksi atlet bmx dan cabor lain yang akan di pertandingkan di tingkat nasional seperti PON,” jelasnya.(Min)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here