Selain Bakpia, Ini Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja yang Wajib di Bawa

307

Selain Bakpia, Ini Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja yang Wajib di Bawa

Pandeglang, BantenTribun.id- Jogjakarta selalu menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Selain spot wisata baru yang sering ngehits, berbagai jenis oleh-oleh khas kota ini juga banyak dicari.

Bakpia Pathuk salahsatunya. Kue mungil yang aslinya berisi kacang ijo ini selalu menjadi buruan wajib traveler yang datang ke jogja. Meski kini banyak varian rasa-mulai dari Telo hingga Durian – yang original masih paling favorit.

Namun salahsatu hal yang paling BantenTribun suka dari jogja adalah inovasinya yang tiada henti. Ternyata selain Bakpia Pathuk inilah oleh-oleh yang wajib di bawa dari jogja.

Coklat Monggo

Mau coklat lokal rasa internasional ? Coklat monggo lah juaranya. Adalah sang Kreator Thiery Dotournay yang awalnya kecewa dengan rasa kebanyakan coklat yang beredar di seputra jogja. Tak puas dengan rasa coklat yang ada. Thierry mencoba meracik sendiri makanan yang identik dengan hari valentine ini.

Tak disangka, coklat buatannya ternyata mendapat sambutan positif dari teman-temannya. Maklum, resep coklat yang ia buat memang berasal dari Belgia. Start sejak tahun 2005 kini Coklat Monggo menjadi salahsatu oleh-oleh wajib dari Jogja.

Bagi peminat coklat, untuk membeli coklat Monggo anda bisa datang ke Jl. Dalem Purbayan Kota Gede, Yogyakarta. Gerai Coklatnya tak kalah dengan Cocoa Boutiqe yang ada di Jalan Ampang Selangor Malaysia.

Jogja Scrummy

Kue kekinian memang lagi nge-tren dimana-mana. Teuku Wisnu sepertinya menjadi inspirasi setelah sukses dengan Strudle di Malang. Setelah itu, diberbagai kota besar kue yang tak jauh berbeda, seperti Bandung Makuta, Bogor Raincake, Cirebon Sultana dan di Yogyakarta ada Jogja Scrummy.

Dude Herlino, artis papan atas indonesia adalah orang yang membuka usaha Jogja Scrummy. Suksesnya film layar lebar yang ia bintangi dengan setting lokasi di Jogja memberi kenangan manis baginya. Sehingga suami dari Annisa Soebandono ini berangan-angan untuk berbisnis di jogja. Maka sejak Juni 2016, Dude membuka Usaha Jogja Scrummy hingga kini.

Outlet Jogja Scrumy ada di berbagai tempat di Jogja, selain di Ruko Cakra, Jl. Kaliurang, KM 5,5 Caturtunggal, Sleman. Outlet lainnya juga ada di wilayah Malioboro dan bandara Adi Sucipto. Atau bila anda ke jogja dengan Kereta Api, Outlet Jogja Scrummy juga ada di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Gudeg Kalengan

Gudeg Kaleng adalah bukti pesatnya inovasi di jogja. Bila dulu gudeg sulit untuk dibawa sebagai oleh-oleh, kini makanan khas jogja-solo ini bisa dengan praktis dibawa sebagai oleh-oleh.

Saat ini sudah banyak produsen gudeg kaleng di jogja. Beberapa yang sudah terkenal adalah Gudeg Kaleng Wijilan Bu Lies dan Gudeg Bu Tjitro. Bagi yang ingin membeli Gudeg Kaleng Bu Tjitro anda bisa datang ke Jl. Janti dekat JEC Yogyakarta. (red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here