NIMA, Aplikasi Google untuk Foto Terbaik

NIMA, Aplikasi Google untuk Foto Terbaik

Google akan meluncurkan aplikasi berbasis Artificial Intelegence yang disebut NIMA, sebuah sistem yang akan memberikan penggunanya foto terbaik yang diedit secara realtime

Pandeglang, BantenTribun.id– Google kembali berinovasi guna memberikan kepuasan penggunanya di seluruh dunia. Perusahaan dengan pengguna search engine terbesar di dunia itu akan memberikan kemudahan pada anda untuk memilih gambar terbaik mana yang layak disimpan di smartphone anda.

Menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelgence (AI)  yang disebut NIMA, atau Neural Image Assesement Google mencoba memberikan saran kepada penggunanya untuk memilih gambar terbaik yang bisa mereka simpan.

Pola Artificial Intelegense dalam sistem NIMA disebut google menggunakan sistem komputasi yang mereplikasi jaringan biologis di otak. Sistem itu akan memindai foto untuk memberikan rekomendasi pada elemen teknis dan estetis.

Pola kerja NIMA dalam memilih foto didasarkan pada algoritma google yang merekap foto-foto terbaik berdasarkan penilaian manusia, seperti juri dalam lomba atau kontes foto.

Algoritma tersebut akan memberikan penilaian dengan skor komposit antara 1-10 serta memberikan saran kepada kita untuk mempercantik foto secara teknis, seperti rekomendasi penggunaan bluring, highlight dan penggunaan bayangan.

Namun jika google tidak memiliki gambar referensi, maka sistem google akan menyajikan data statistik untuk mengukur kualitas gambar yang kita hasilkan berdasarkan selera yang paling disukai orang.

Insinyur google juga berharap bila sistem yang mereka hasilkan akan memungkinkan pengguna untuk melakukan editing secara realtime.

“Sistem yang kami buat (NIMA) tidak hanya mampu mencetak gambar dengan andal dan memiliki korealis tinggi dengan persepsi manusia. Tapi berguna untuk berbagai tugas pengeditan foto yang cerdas, seperti mengoptimalkan kualitas visual, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan meminimalkan kesalahan visual, ungkap Hossen Talebi seorang insinyur perangkat lunak google, dalam sebuah posting di blog.

Goole menilai, bila aplikasi yang mereka buat untuk menciptakan gambar terbaik sangat sesuai dengan persepsi dan penilaian manusia. Selain itu, foto yang dihasilkan juga akan memiliki unsur teknis yang tepat dan menarik hati penggunggah dan pengguna foto lainnya.

Sebuah inovasi yang patut diapresiasi, kita tunggu saja semoga klaim google tersebut benar-benar terbukti.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here